Ged a Widget

Senin, 27 Maret 2017

Sehari Belajar di Cambridge University, UK

Picture

Sabtu, 25 Maret 2017 menjadi salah satu hari bersejarah bagi saya di UK. Hari ini saya bersama Reza dan Ifi yang keduanya adalah pengurus PPI-MIB berkesempatan untuk 'belajar' di Cambridge University. Kami menghadiri Cambridge University Southeast Asian Conference 2017. Tujuan dari konferensi ini adalah sebagai platform yang menghubungkan para pemuda pemudi ASEAN yang sedang studi di UK untuk mendiskusikan gagasan di bidang socio-cultural, economic, and politic.D

Pagi harinya, kami menyimak pemaparan presentasi dari dubes Filipina di UK serta beberapa pembicara lainnya (termasuk Pal Fendi, seorang aktivis human right dari Indonesia). This is absolutely amazing conference. Siang harinya kami mengikuti workshop dengan 3 topik berbeda (tim kami topiknya tentang pendidikan) yang dipandu Mbak Tracey, mahasiswi Indonesia di Oxford. Tim saya terdiri dari saya, 2 anak Cambridge dan 1 anak UCL London. After very very long doscussion, akhirnya kami presentasi.


What I have learnt from this focus group discussion ? Pertama, kita harus mampu berpikir kritis dan rasional dalam merumuskan sebuah isu menjadi problem statement. Kedua, perlunya action plan yang applicable untuk diterapkan di objek negara yang dipilih. Anyway karena topik kami tentang improving the quality of education, kami mendapatkan data-data bahwa Laos dan Cambodia adalah dua negara yang perlu kita angkat karena kualitas pendidikannya tergolong pada level bawah. Selanjutnya, pentingnya kerja tim yang solid ya. Salah satu tantangan tadi adalah bagaimana saya harus mampu menempatkan diri di tengah anggota tim yang diverse dan mereka argumentatif banget. That's why I must put myself on the right position.

Sehari belajar di Cambridge adalah mimpi yang menjadi nyata. Betapa berharganya pengalaman hari ini belajar di kampus unggulan dunia, kampus yang telah mencetak ilmuwan-ilmuwan besar dunia, kampus yang sangat ketat untuk diterima jadi mahasiswa disana, susah juga buat keluar/lulus katanya.hehe.Akhirnya, alhamdulillah semua selesai dengan baik. Presentasi done dan sempat keliling Cambridge sore harinya.

Ini cerita singkat saya sehari belajar di Cambridge University, teman-teman ada cerita juga yang mau dibagi ? :)

Birmingham, 25/3/17


Picture
Picture
Picture
Picture

Tidak ada komentar:

Posting Komentar