Ged a Widget

Kamis, 26 Februari 2015

Mengenal Lebih Dekat 25 Student Volunteer I-4 2015

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” - Pramoedya Ananta Toer -

Ini adalah mimpi saya sejak kecil untuk mengenal para ilmuwan Indonesia yang berkiprah di dunia internasional. Saya begitu memimpikan bertemu BJ. Habibie, rekam jejaknya di Jerman telah menghipnotis saya. Usaha, harapan, dan doa terus mengalir hingga akhirnya kami diberi kesempatan bergabung di student volunteer I-4 tahun 2015 ini.


Sebuah kesempatan yang amat langka, menjadi salah satu mahasiswa terpilih yang akan mengenal lebih dekat ilmuwan-ilmuwan Indonesia. Sebuah kesempatan berharga, bertemu 25 pemuda inspiratif yang telah melewati seleksi ketat untuk menjadi Student Volunteer pembuatan buku “Kisah 25 Ilmuwan Indonesia yang Mendunia” oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional. Melalui catatatan sederhana ini, saya berusaha ingin mengenal lebih dekat siapa 25 mahasiswa Indonesia  tersebut. Semoga dapat menambah inspirasi dan motivasi bagi diri pribadi dan sahabat sekalian. Namun mohon maaf jika ini baru sebatas pengetahuan saya.

1. Adrian Hilman
Alumni SMA N 1 Medan ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Pangan, Universitas Sumatera Utara. Mimpi besar mahasiswa yang lahir 18 Oktober 19** ini adalah menjadi seorang CEO kelas dunia. Adrian saat ini pengurus aktif di KAMMI Wilayat Sumatera Utara. Saat ini pun ia menjadi research assistant di Laboratorium Teknologi Pangan, luar biasa prestasinya. Semoga menjadi ahli pangan Indonesia masa depan yang mengajak masyarakat Indonesia untuk cinta produk lokal, keep inspiring bro!

2. Syabilla Rivenia
Saya sempat meng-kepo blog mahasiswa berprestasi UGM 2015 ini, luar biasa. Berstatus sebgai mahasiswa Kedokteran Hewan, ia mempunyai segudang riwayat organisasi seperti IVSA Indonesia, IMAKAHI, dan lain sebagainya. Syabilla mempunyai mimpi untuk ke Mekkah, Jerman, dan Jepang. Meski belum pernah bertemu, saya lihat mahasiswa yang murah senyum ini insyaAllah akan menjadi dokter hewan professional di masa depan, biar hewan-hewan di Indonesia lebih sehat dan tidak sakit-sakitan :D

3. Ayu Luh Ratri Wening
Lahir tanggal 13 Mei 1995 (masih muda banget ya), saat ini berstatus sebagai mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Dokter UNS (pasti orangnya jenius ya). Dia lahir di kota ngapak Purbalingga, mempunyai interest di bidang kepenulisan tentunya. Saat ini aktif di CIMSA UNS Sebagai standing committee. Luar biasa prestasinya. Smeoga menjadi dokter inspiratif kita masa depan, syukur-syukur menjadi menteri kesehatan RI.

4. Dinmas Masyudin
Saya pernah satu acara dengan dia, kebetulan saat itu saya sebagai panitia dan dia sebagai peserta. Pria hiperaktif (dalam hal positif) ini masih berstatus sebagai mahasiswa Manajemen UII Yogyakarta. Dia aktif dalam organisasi kampus seperti lembaga pers dan juga di luar kampus seperti Youth for Climate Change Indonesia serta Koalisi Pemuda Peduli Pernikahan Dini (dutanya nikah dini ?) hehe. Yang jelas Dinmas ini link nya sudah tersebar luas di Indonesia, applause (y).

5. Farah Shabila Dinniyah
Dia dari kampus Depok, kampus berjas kuning Universitas Indonesia. Saya sempat mampir ke blognya https://shabilafarah.wordpress.com/ dan memang sering membiasakan diri nulis pakai bahasa Inggris. Wow, ternyata benar. Farah ini aktif di AIESEC UI. Aktf juga di AIESEC Children for Tomorrow, pasti pengalaman internasionalnya banyak. Semoga suatu saat bisa bertemu ya ^^

6. Karlina Aprimasyita
Mahasiswa S1 Peternakan Universitas Sriwijaya ini pengalaman kepenulisan dan risetnya luar biasa. Selain pernah meraih hibah MITI, ia pun mempunyai segudang prestasi tulis menulis. Pernah didaulat menjadi pengurus BEM dan beberapa organisasi lainnya. Semoga tetap menginspirasi para kawula muda khususnya dapat mengembangkan produk-produk peternakan lokal untuk go international.

7. Adibah El-Najmy
Kali ini dari pulau seberang, tepatnya di Sulawesi Selatan. Alumni SMA Negeri Unggulan 1 Bajeng ini berstatus menjadi mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Penulis novel "Berkiblatku di Wajah-Mu" ini adalah novelis muslimah Islami, luar biasa. Saya berharap sekali mendapatkan novel mbak Adibah ini secara gratis boleh kah ? hehe, semoga dapat bertemu di Makassar suatu saat nanti.

8. Luh Putu Eka Yani
Mahasiswi Sampoerna University ini masih sangat muda, 18 tahun! Tetapi pengalamannya luar biasa! Pemudi asal Bali ini juga aktif di Sahabat Beasiswa, sebuah forum yang memberikan informasi beasiswa pendidikan. Pernah menjadi anggota Kompas Muda dan terlibat di berbagai kegiatan volunteer. Bidang risetnya di ranah Teknik Industri, jurusan yang ia geluti saat ini. Semoga tetap mengisnpirasi ya ^^

9. Ahmad Fauzi Mulyana
Religious, terlihat jenius (berkacamata) dan sangat aktif dalam berbagai organisasi kampus maupun luar kampus. Hobi menulisnya telah mengantarkan mahasiswa Pendidikan Biologi UPI Bandung ini meraih berbagai ajang lomba tingkat nasional. Seperti pencapaiannya sebagai Juara I pada ajang National Islamic Writing Contest di Universitas Negeri Jakarta. Sosok inspiratif diimbangi agamis, semoga dapat ketularan kesholehannya :)

10. Margi Fitriawan
Sosok mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang ini lahir pada tanggal 15 Maret tahun 19**. Saya sempat mampir ke blognya http://margifitriawan.blogspot.com/2014/08/mimpi-kenyataan-manusia-berusaha-dan.html yang mengingatkan saya pada hakikat mimpi, usaha, dan kuasa Allah. Tetap menginspirasi bro....! Salut untuk mimpi besarnya di Cambridge dan CERN :)

11. Ahmad Satria Budiman
Mahasiswa Teknik Kimia FTI Universitas Islam Indonesia ini pernah menjadi  Redaktur Pelaksana LPM Himmah UII. Pemuda asal Palembang ini sangat aktif dalam kontribusinya di media online maupun organisasi di kampusnya. Hebat, ia pernah merasakan udara di Thailand kurun waktu 2013-2014. Semoga menjadi engineer yang selalu menginspirasi masbroo!

12. Clarissa Olivia Susanto
Sepertinya kami pernah bertemu di acara Young Engineers and Scientist Summit 2013. Clarissa adalah mahasiswi Teknik Kimia ITB. Membaca profilnya di facebook maka Anda akan tercengang melihat capaian pengalamannya. Saya sampai bingung mau nulis yang mana, ia adalah duta dari Danone, terpilih di YLI McKinsey, CEO International Bandung Tour, dan segudang pengalaman organisasinya. Tanah Inggris pun pernah ia singgahi, salut (y)

13. Danang Firmanto
Saya seharusnya memanggil dia mas karena junior saya di kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Mahasiswa S1 Manajemen ini sangat aktif (banget) dalam nge-blog dan nulis di media. Pernah meraih berbagai jawara lomba menulis membuat mahasiswa FE UNY ini 'misterius' bagi saya karena belum pernah bertemu, T.T. Semoga saat ke Jogja dapat bertemu langsung dengan beliau.

14. Shabrina Rka'siwi Citraningtyas
Menjadi salah satu mahasiswa FK UGM adalah capaian pemudi asli Yogyakarta ini. Ia adalah CEO ASEC (Actual Smile English Club). Ternyata dulu alumni SMA N 1 Teladan Yogyakarta, tetangga saya. Tidak heran, capaian prestasinya telah menginspirasi para mahasiswa UGM. Saya sempat mampir ke blognya http://shabrinarakhasiwi.weebly.com/ dan memang sangat produktif dalam menulis, maaf ya Shabrina saya izin mampir blog :D Keep inspiring pokoknya !

15. Selly Anastassia Amelia Kharis
Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta ini lahir pada 8 Januari 1994, hampir sama tanggalnya dengan kelahiran saya. Sempat mampir ke blognya http://storiesaboute.blogspot.com dan memang sepertinya sudah agak off ngeblog. Tapi pasti ada inspirasi yang saya dapatkan darinya yang memang aktif sebagai mahasiswa UNJ. Semoga suatu saat bisa ke Jogja ya Selly!

16. Intan Pertiwi Sianipar
Datang dari kampus Universitas Padjajaran, mahasiswi FEB ini ternyata aktif di http://intanpertiwisianipar.tumblr.com/ hehehe. Yang membuat saya penasaran adalah nama 'sianipar' nya mungkin intan bisa menjelaskannya ? tetap menginspirasi ya, membaca rekam jejakmu di kampus UNPAD begitu luar biasa :)

17. Ade Firdaus
Kalau mau melihat siapa Daus itu lebih dikenal dengan nama Ajo Daus (nama facebook). Mahasiswa Politeknik Kesehatan Jakarta 2 ini memiliki segudang capaian prestasi dan organisasi. Mulai dari AIESEC, ASEAN Youth Community, Indonesia Medika, FSLDK, Nusantara Young Leaders, dan lain sebagainya (banyak). Jujur pengin banget ketemu Daus yang super keren ini ^^ Semoga kapan-kapan kami bisa bertemu, see you on the top broo!

18. Gustaf Geysbert Lontoh
Kalau tidak salah dia adalah mahasiswa FE UNJ. Saya baca profilnya sangat produktif dalam menulis paper dan publikasi ilmiah. Sempat mampir di blognya http://gustafgeysbert.blogspot.com, ia pernah menjadi Juara III LKTI Unsoed dan capaian prestasinya lainnya. Semoga tetap menginspirasi kita-kita ya Gustaf!

19. Ilmi Mayuni Bumi
Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi ITS Surabaya ini memang inspiratif. Rekam jejaknya di luar negeri saya acungi 10 jempol (pinjam jempol), Baru-baru ini di US dan sempat saya melihat foto di facebooknya waktu mengunjungi MIT, super! Dia pernah ikut AFS, pernah tinggal bersama hostfam di New York. Muda menginspirasi, meski kesibukannya di BEM ITS, NWI, ia tetap memberikan prestasi gemilang untuk Indonesia, salut ya llmi ^^

20. Ratna Dhian Noventy
Saatnya melihat sosok mahasiswi Administrasi Negara Universitas Brawijaya. Dara asli Mojokerto ini aktif di Indonesia Student Youth Forum. Tak ketinggalan, ia aktif di AIESEC UB dan Nusantara Young Leaders. Calon pemimpin perempuan masa depan, semoga suatu saat bisa bertemu langsung dengan Ratna ini. Ayo bareng-bareng menyiapkan Indonesia dengan kolaborasi pemuda-pemudi hebat ini.

21. Anisah Mahardiani
Saya pernah ke kampus Anisa, Universitas Airlangga. Dia berasal dari Jurusan Farmasi, pasti untuk masalah obat dia ahlinya. Alumni SMA N 1 Sidoarjo ini aktif dalam kegiatan produktif kampus, terutama dalam bidang keagamaan seperti Jamaah Nuruzzaman Unair dan DKI Farmasi. Prestasi dalam bidang kepenulisanpun luar biasa. Salah satu karya luar biasanya adalah Obati Kanker Payudara dengan Daun Kersen http://www.jpnn.com/read/2013/10/16/195876/Obati-Kanker-Payudara-dengan-Daun-Kersen-. Semoga suatu saat ketemu...

22. Dini Fuadillah Sofyan
Siapa yang tidak kenal mbak Dini ini ? Saya yakin banyak yang sudah kenal mahasiswi Teknik Kimia UNSRI ini. Sempat mampir ke http://dinisofyan.blogspot.com/,perjalanannya luar biasa. Mulai dari riset dan aktif di Nano World Indonesia dan berbagai organisasi nasional lainnya. Dia pun pengalaman luar negerinya luar biasa, pernah mengikuti ISIC di Inggris, salut...! Semoga semakin menginspirasi kita-kita ya Din.

23. Janu Muhammad
Masih belajar menjadi pribadi bermanfaat :)))

24. Rofiniati
Fia, panggilan akrabnya. Dia adalah mahasiswa Komunikasi UNSRI. Pernah bekerja di Kompas Muda dan aktif di Lembaran Pelajar Sumatera Selatan (LEPASS) Sriwijaya Post. Muda dan mengisnpirasi, pemudi kelahiran tahun 1996 ini memiliki pengalaman luar biasa dalam kepenulisan di media, tentu dengan backgroundnya di ilmu komunikasi. Kapan-kapan ke Jogja ya Fia :)

25. Sarah Giovani
Datang dari kampus UNS Surakarta, Sarah adalah mahasiswi Ilmu Pangan dan Teknologi. Dia sangat aktif di International Association of Students in Agricultural and Related Sciences. Sempat melihat profilnya di http://about.me/sgiovani ia adalah penyuka jalan-jalan, seni, dan tentunya makanan. Semoga deh suatu saat bisa membangun kedaulatan pangan Indonesia dengan saling berkolaborasi sesama ilmuwan lainnya ya. Keep inspiring mbak Sarah! ^^

Itulah 25 student volunteer I-4 dari berbagi kampus di Indonesia. Tentunya saya bersyukur, alhamdulillah bisa diberi kesempatan ini, mengenal para ilmuwan dan tentunya tim volunteer yang luar biasa ini. Kami mohon doanya semoga buku 25 Ilmuwan segera jadi dan jangan lupa membelinya ya, buktikan bahwa kita cinta ilmuwan Indonesia dan tentunya akan banyak kejutan-kejutan dari para penulis yang akan membuka wawasan kita.
Saya juga mau mengucapkan terimakasih kepada I-4 dan segenap mentor kami yang sungguh sangat baik dan menginspirasi. Semoga ini langkah kita untuk sama-sama membangun Indonesia masa depan ^^ 

Janu inget satu pepatah dari mas Anies Baswedan "Relawan tak dibayar bukan karena tak bernilai, tetapi karena tidak ternilai."


Terimakasih SV I-4 yang luar biasa, tetap kompak yak! Alhamdulillahirabbil'alamiin
Salam semangat, salam menginspirasi!

Janu Muhammad
Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Yogyakarta

#ManJaddaWajada #HollandDreamer
Berjuang menjemput mimpi di Utrecht University, Belanda