Ged a Widget

Senin, 30 November 2015

Mimpi Anda memang tinggi, tapi…



Setelah kemarin sempat mempublikasikan catatan berjudul “Anda Tak Perlu ke Luar Negeri Kalau Hanya…” pada kesempatan ini saya ingin bercerita, lebih tepatnya mengulas perjalanan mimpi yang sama-sama kita mulai sejak kecil. Mari sejenak kita refleksi diri.

Sahabat-sahabat saya yang selalu semangat,

Kita tentu masih ingat ketika pertama kali memasuki bangku sekolah dasar, Ibu dan Bapak guru pernah bertanya demikian, “Anak-anak, apa mimpi kalian ketika sudah besar nanti ?” Sebagian besar dari teman-teman di kelas saya menjawab, “Jadi dokter, Bu… Jadi polisi, Pak.” Mayoritas jawaban mengarah ke profesi dokter dan polisi. Ada sebuah pertanyaan yang mengusik pandangan saya sore ini, mengapa demikian ya ? Apakah memang kedua profesi itu adalah yang terpatri di benak setiap siswa ?

Tidak ada yang keliru memang, menurut saya. Setiap orang tua pasti menginginkan mimpi dan cita-cita terbaik bagi putra-putrinya. Saya pun ketika duduk di Taman Kanak-Kanak dan sekolah dasar pernah bermimpi menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Jujur saja, saya bercita-cita demikian karena ingin seperti paman saya yang telah sukses menjadi TNI AD di Jakarta. Betapa polosnya saat itu. Kalau begitu, apakah teman-teman yang lain juga terinspirasi orang lain juga ? Ini yang menjadi pertanyaan selanjutnya.