Ged a Widget

Selasa, 30 Juni 2015

Seleksi Pemuda Pelopor : Dedikasi untuk Kabupaten Sleman


Bismillah,

Jadi ceritanya pada tanggal 24 Juni 2015 kemarin saya mendapat undangan untuk mengikuti seleksi final Pemuda Pelopor Kabupaten Sleman tahun 2015 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Oiya, saya kenalkan terlebih dahulu apa itu Pemuda Pelopor. Kementeriaan Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) setiap tahunnya memberikan apresiasi kepada pemuda-pemudi di tanah air yang telah membawa perubahan di lingkungan tempat tinggalnya.Pemuda Pelopor, sebuah penghargaan yang diberikan pada lima bidang yaitu Pendidikan; Sosial, Budaya, Pariwisata, dan Bela Negara; Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan; Pangan; serta Teknologi Tepat Guna, Komunikasi, dan Informasi. Mengusung tema “Mewujudkan Kemandirian Bangsa Melalui Kepeloporan Pemuda” dengan tahapan seleksi meliputi persyaratan administrasi, pemaparan dan tanya jawab, serta peninjauan lapangan. Proses seleksi dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Teman baru, semangat baru :D

Nah, pada hari Rabu kemarin saya mewakili Omah Baca Karung Goni untuk mempresentasikan kepeloporan di Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman. Saya termasuk dalam kategori bidang pendidikan yang berfokus pada upaya peningkatan minat baca masyarakat melalui gerakan literasi di Taman Bacaan Masyarakat. Alhamdulillah, niat awal saya adalah untuk mencari ilmu dan barokah, sembari belajar bagaimana ‘melihat’ potensi diri pribadi dan OBKG agar bisa berkembang serta membawa dampak positif untuk Kabupaten Sleman tercinta.

Bagaimana tahapannya ?

Seleksi Administrasi

Pada tahap pengumpulan syarat administrasi, ada syarat-syarat khsusus seperti usia, minimal telah terlaksana 2 tahun (meskipun OBKG sebenarnya belum ada 2 tahun), foto wajah ukuran 4x6 ada 3 lembar, isian formulir, surat dokter, SKCK, dan data pendukung seperti sertifikat serta foto kegiatan. Jangan lupa, kita perlu rekomendasi dari organisasi/pemerintah setempat yang memfasilitasi pendaftaran. Dalam hal ini saya mendapat rekomendasi Camat Sleman. Yang saya rasakan, sebenarnya tantangn besar di awal adalah melawan diri sendiri. Maksudnya, seringkali kita menunda untuk melengkapi berkas atau masih ragu mau mendaftar tidak ya ? Kebahagiaan akan terasa ketika semua syarat sudah lengkap dan siap untuk dikumpulkan di Dikpora Sleman.

Seleksi Presentasi

Ketika mendapat undangan presentasi, itulah tanda bahwa berkas kita sudah lolos dan siap dipaparkan di depan dewan juri. Pada presentasi kemarin, ada 13 finalis yang lolos dari berbagai bidang. Sampai di tahap ini peluang untuk sampai ke 3 besar semakin terbuka lebar. Tinggal bagaimana kita bisa mempersiapkan secara maksimal lahir batin. Ingat, lurusakn niat untuk beribadah dan belajar. Saya dapat urutan ke-8. Presentasinya 10 menit dan dilanjutkan tanya jawan 10 menit. Ada 5 juri di satu ruangan tertutup yang memberikan pertanyaan maupun masukan. Alhamdulillah, lancar. Metode presentasi saya dengan power point dan cuplikan video profil.

Peninjauan Lapangan

Sebenarnya tahap ini masih tentative, menyesuaikan apakah perlu atau tidak. Untuk seleksi tingkat kabupaten ini akhirnya tidak ada peninjauan lapangan dengan asumsi segala informasi yang disampaikan finalis adalah jujur.

Saya bersyukur bisa ketemu sahabat yang pernah satu forum kepemimpinan, namanya Muhammad Zainal. Dia salah satu pemuda inspiratif di Sleman lewat keaktifannya di PIKR. Ada juga mbak Santi yang ternyata satu organisasi di FKAPMEPI DIY. Ada juga mbak Aya, penggagas sanggar tari di Mlati, dan beberapa teman baru yang super inspiratif dengan dedikasinya.

Akhirnya, ada informasi dari Pak Harto bahwa pengumuman akan disampaikan besok Senin (29 Juni 2015). Sepulangnya siang itu, kami langsung membuat grup whasap dan ngobrol sana-sini, serta deg-degan menunggu pengumuman.

Nama saya Janu Muhammad :3

Dan…..akhirnya diumumkan juga. Hanya bisa terus bersyukur dan bersyukur, bahwa saya mewakili Sleman untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Ya Rabb, betapa besar kuasaMu ini, betapa indah nikmat Ramadhanmu ini. Smeoga dapat melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat untuk sesama.

Alhamdulillahirabbil’alamiin…

Bismillah, mohon doa dan dukungannya untuk seleksi tahap selanjutnya ya sahabat sekalian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar