Ged a Widget

Selasa, 28 April 2015

Perjuangan di Bulan April 2015

“Orang bilang ada kekuatan-kekuatan dahsyat yang tak terduga yang bisa timbul pada samudera, pada gunung berapi dan pada pribadi yang tahu benar akan tujuan hidupnya (Rumah Kaca, h. 409)” -Pramoedya Ananta Toer-

 

Jadi ceritanya ini sudah tanggal 28 April 2015, akhir bulan yang memberi kesan tersendiri bagi saya. Bulan April 2015 ini memang penuh warna, ada bahagia, sedih, terharu, dan kelegaan yang mewarnai hari-hari ini. Izinkanlah saya untuk kembali mengulas apa saja pencapaian pada bulan ini. Akan saya utarakan moment-moment penting yang menjadi refleksi bagi diri ini.


Morning Tea Bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat

Senin, 6 April 2015 menjadi sebuah hari bahagia bagi saya. Sebuah kehormatan untuk bertemu perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat dalam tajuk ‘teh pagi’ di Hotel Hyatt Yogyakarta. Saya bersama 8 pemuda-pemudi terpilih membahas rencana kerja sama proyek sosial. Sebuah rasa syukur dapat bertemu para pemimpin muda yangrata-rata sudah expert di bidangnya masing-masing. Ada yang pernah menjadi Pengajar Muda di Indonesia Mengajar, alumni SUSI (Exchange ke USA), penggiat lingkungan, dan semuanya menginspirasi. Dari pertemuan ini saya belajar sebuah networking, hakikat volunteerism, the role of youth, dan belajar menatap Indonesia masa depan.

Membersamai Acara Studi Ilmiah UKM Penelitian UNY

Acara Studi Ilmiah yang digagas UKM Penelitian UNY ini terdiri dari Seminar Ilmiah dan Call for Paper. Sabtu,11 April 2015 saya berkesempatan menjadi salah satu pembicara seminar ilmiah,dibersamai oleh Rony K. Pratama (Mapres FBS 2014) dan Sitty Maesyaroh (Mapres FE 2014). Kami berbagi pengalaman seputar dunia penelitian dan kepenulisan ilmiah. Barangkali ini perjumpaan saya yang ke-sekian untuk mengisi acara di UKMP. Saya berterimakasih sudah diundang untuk berbagi pengalaman. Saya optimis rekan-rekan mahasiswa/guru yang hadir karya-karyanya akan luar biasa dari kami.Terimakasih atas kesempatannya, semoga ilmunya barokah.

Kumpul 'Arisan' Ikatan Remaja Ngemplak

Masih pada hari yang sama, Sabtu malam 11 April 2015 ada kumpulan arisan IRENG (Ikatan Remaja Ngemplak) ditempat mbak Widi. Malam ini agendanya membahas program-program IRENG seperti persiapan 17 Agustusan, Romadhon, persiapan bakti sosial bulan Mei bersamateman-teman NTU Singapura. Saya bersyukur masih mendapat ruang untuk menyuarakan aspirasi-aspirasi untuk kemajuan Dusun Ngemplak. Termasuk juga menyampaikan rencana-rencana pengembangan Omah Baca Karung Goni.

Mengisi Motivation Training di Universitas Tidar Magelang

Ahad, 12 April 2015 menjadi hari yang penuh barokah. Saya ditemani sahabat baik Aditya Jantra bertolak ke Magelang City untuk mengisi training motivasi di Rohisnya Universitas Tidar. Bertemu dengan mahasiswa-mahasiswi yang insyaAllah sholeh-sholehah menambah rasa syukur untuk terus berbagi ilmu. Saya tersadar usia yang cukup terpaut jauh tiga tahun dengan peserta membuat diri ini untuk segera ingin menyelesaikan kuliah. Pada acara itu saya berbagi motivasi bagaimana menjadimuslim yang memberikan inspirasi, berprestasi, dan bermanfaat. Saya merasa lega, rasanya training hari itu benar-benar the best training dari yang selamaini saya laksanakan. Semoga menambah semangat teman-teman agar berprestasi,aktif berorganisasi, dan terus menebar kebaikan untuk umat. Setelah mengisi training, berkesempatan ke rumahnya bro Saiful Habib. Alhamdulillah…sukses selalu Ipul yang sudah jadi pak guru.

Main ke Gunung Api Purba Nglanggeran Bareng Rony

Hari Selasa sore, 14 April 2015 saya dan sahabat baik Rony K. Pratama menyempatkan diri untuk ‘dolan’ ke Nglanggeran. Iya, hari itu saya senang bisa main bareng Rony. Dia adalah mahasiswa PBSI 2011, ketua BEM FBS 2014, Mapres FBS 2014. Sebenarnya kami sudahkenal lama, namun baru kali ini bisa menyempatkan diri lari dari skripsi (eh).Sore itu kami naik ke puncak Nglanggeran dan merefleksikan perjalanan selama S1 di UNY. Pulang-pulang diguyur hujan dan langsung kenyang oleh mie ayam dan bakso jumbo di Jl.Wonosari. Terimakasih ya Rony :D Kapan-kapan kita main lagi pokok men.

Seleksi Wawancara Cikgu untuk Dikirim ke Malaysia

Sabtu, 18 April 2015 bertempat diTaman Pancasila Fakultas Ilmu Sosial UNY saya mengikuti sesi wawancara calonCikgu (guru) yang diadakan oleh Volunteerism Teaching Indonesian Children. Jikalolos, rencananya akan dikirim ke Malaysia pada tanggal 4-24 Agustus 2015 untuk mengajar anak-anak buruh migrant dari Indonesia. Kegiatan ini adalah volunteerism. Alhamdulillah, bertemu mahasiswa-mahasiswa hebat dari penjuru DIY-Jateng-Jatim yang rata-rata lebih muda :3


Reuni dan Nostalgia dengan Bro Fahmi

Ahad, 19 April 2015 saya dan M.Fahmi Alfian, teman sebangku saat di SMP N 1 Sleman akhirnya bertemu kembali.Dia bersilaturahim ke rumah saya. Fahmi ini sekarang kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UGM, sebentar lagi akan lulus. Kami bercerita masa lalu, kini, danmimpi-mimpi besar hari esok. Termasuk rencana Fahmi adalah mengambil S2 di Jerman, saling mendoakan yang terbaik ya bro. Barokallah…


Sidang Skripsi, Ini Bukan Mimpi ?

Rabu, 22 April 2015 menjadi jawaban dari ikhtiar dan doa yang selama ini dipanjatkan. Hari itu saya menggelar hajatan penting untuk perjalanan S-1 di Jurusan Pendidikan Geografi UNY. Ya, saatnya sidang skripsi. Inikah mimpi ? Bukan, ini nyata !!! Setelah menikmati balada skripsi mulai dari observasi, pengambilan data, analisis data,bimbingan, dan revisi akhirnya pendadaran juga. Masih ingat kan ? Jatuh bangunkarena data skripsi hilang, laptop mulai lelah, charger laptop tiba-tiba mati,sampai revisi bertubi-tubi, ternyata itu semua menguji kesabaran hati. Rabusiang Pkl 11.00-13.00 WIB bertempat di Ruang Sidang 1 saya mengikrarkan diri di depan tiga penguji. Terimakasih bapak dan ibu dosen yang sudah membimbing, yang memberi masukan, dan yang membuat saya hampir pingsan (tapi akhirnya nggak jadi), dan yang membuat shock di dalam ruangan. Sungguh pengalaman yang tidakakan terlupakan dan cukup sekali saja selama S1 :3 Terimakasih untuk keluarga geografi 2011 yang sudah datang dan mendoakan, untuk teman-teman seperjuanganPPL di SMA N 1 Minggir yang sudah datang dan membawakan oleh-oleh. Semoga kalian segera menyusul ya, senang rasanya banyak yang hadir siang itu,seperti saat dulu seminar sampai kurang luas tempatnya. Sukses selalu ke depannya….


On Air di Jogja TV Bersama Keluarga Besar FIS UNY
Alhamdulillah pada malam harinya langsung bersama keluarga besar Fakultas Ilmu Sosial UNY untuk siaran di Jogja TV. Saya diundang untuk mewakili Mahasiswa Berprestasi. Sebenarnya ragu karena sudah angkatan 'veteran' namun ya alkhirnya saya terima dengan senang hati. Terimakasih kepada Humas FIS, Bapak Dekan, dan jajaran dekanat lainnya.


Bertolak ke Semarang untuk Youth Adventure GMB

Kamis pagi, 23 April 2015 atau sehari setelah sidang skripsi dalam kondisi kepala masih pening saya langsung ke Semarang untuk membantu kepanitiaan Youth Adventure 2015 yang diadakan oleh Gerakan Mari Berbagi (GMB). Sebagai alumni GMB 2014, saya ingin sekali bertemu teman-teman alumni lainnya, board GMB, dan pemuda di atas rata-rata yang telah terpilih menjadi peserta YA & YLF 2015. Saya ucapkan terimakasih atas kekompakannya, kepada Doki dan Angga yang menjadi tonggak YA & YLF, good job bro! Kepada Bang Azwar, Kak Aya, Pak Yadi, mas Hambar n friends. Kepada segenap volunteer, apresiasi terbaik atas kerja kerasnya.Semoga menjadi ladang pahala.

Selamat Milad UKMF SCREEN

Ahad, 25 April 2015 mendapat undangan untuk hadir di milad UKMF SCREEN yang ke-9. Bertempat di Taman Ki Hajar Dewantara diadakan lomba masak antar departemen. Berhubung saya adalah alumni, Alhamdulillah diminta jadi juri masak. Nah, ini enaknya bisa icip-icip gratis, meski sebenarnya tidak afdhol jika disebut juri,hehehe. Hari itu bisa berkumpul bersama keluarga besar SCREEN, organisasi yang pernah saya ikutiselama tiga tahun, yang telah menjadi saksi perjuangan saya selama kuliah di UNY. Di SCREEN ini lah saya bisa tumbuh menjadi pribadi yang terus belajar dan fokus mengembangkan skill menulis dan meneliti. Terimakasih atas segala inspirasinya selama ini. Semoga seiring bertambahnya usiamu mampu memberikan kebermanfaatan untuk Indonesia.

Menuju Forum Asia Afrika 30 April 2015

InsyaAllah berkesempatan menjadi peserta Asian-African Forum di Universitas Gadjah Mada. Akan ada para pembicara-pembicara luar biasa yang akan mendiskusikan potensi kerja sama negara-negara kawasan Asia dan Afrika. Tentu ini tidak lepas dari momentum 60 tahun KAA di Bandung kemarin.

Akhir kata,
Sedikit refleksi kilas balik dibulan April 2015 ini memberikan pembelajaran untuk tetap produktif dalam memanfaatkan waktu. Bulan ini sebenarnya ada target saya yang belum tercapai yaitu yudisium. Ya, ini kabar dukanya karena memang tidak cukup waktu untuk revisi hasil ujian. Semoga bulan Mei 2015 bisa yudisium. Untuk wisudanya semoga Agustus 2015 insyaAllah.

Apapun itu, hanya bisa terus bersyukur atas nikmat sehat yang Allah berikan dan nikmat waktu yang di tengah kesibukan ini semoga memberikan keberkahan. Alhamdulillah... Terimakasih Ya Allah, Engkau masih mendekatkan hamba di antara orang-orang baik yang telah membantu hamba-Mu ini. Semoga keberkahan-Mu untuk mereka.

Tetaplah menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan berbagi ! Man Jadda Wajada
Selamat tinggal bulan April, selamat datang bulan Mei bersemi :) Bismillahirrahmaanirrahiim

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lihatlah orang yang berada di bawah kamu, dan jangan lihat orang yang berada di atas kamu, karena dengan begitu kamu tidak meremehkan nikmat Allah yang diberikan-Nya kepada kamu” (HR. Bukhari-Muslim)

Yogyakarta, 28 April 2015

Holland Dreamer,

Janu Muhammad

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar