Ged a Widget

Kamis, 16 April 2015

Balada Skripsi (Part 1)

Oktober 2014
Saya masih ingat hari itu, tanggal 22 Oktober 2014 saya telah menggelar 'hajatan' penting untuk perjalanan kuliah sarjana di Pendidikan Geografi UNY. Bertempat di Laboratorium Geografi Fisik saya mengadakan Seminar Prososal Skripsi. Ya, rasanya sudah enam bulan yang lalu...sudah cukup lama. Bahkan sudah memakan waktu setengah tahun.

Saat seminar proposal...
Setelahnya saya ternyata disibukkan dengan kesiapan ke Australia untuk mengikuti homestay program. Sudah saya perkirakan sebelumnya, saya akan 'cuti' singkat selama 3 minggu. Saya dipastikan tidak masuk kuliah seminar geografi. Tanggal 5-25 November 2014 saya pamit izin ke Pak Heru, dosen saya yang baiknya pakai banget. Saya diizinkan untuk pergi sementara waktu dengan konsekuensi akan 4x tidak masuk kelas.


Baik, saya sejenak berpikir "Kalau aku ke Australia nanti aku harus benar-benar enjoy, menikmati kesempatan emas ini dan 'lupakan' skripsi sementara waktu". Iya, ibaratkan sebuah pertempuran yang sebentar lagi dimulai, ada kalanya kita merefleksikan pikiran dan mengumpulkan tenaga ekstra.

November-Desember 2014
Benar, saya bulan November 2014 kemarin sangat bersyukur bisa 'jalan-jalan' dan belajar di Brisbane, ketemu kangguru bla bla bla, serasa sudah lulus kuliah :p Nah, pas pulangnya...deh. Terasa lagi dunia kampus, kembali ke rutinitas dan hasrat untuk memenuhi panggilan illahi segera skripsi mulai menggebu-gebu. Awal Desember 2014 saya memproses syarat-syarat penelitian, tepat tanggal 19 Desember 2014 saya SK Pembimbing telah ada di tangan dan siap terjun untuk mengurus izin penelitian. 

Januari 2015
Selamat datang tahun baru...saatnya semangat baru, semoga ini tahun terakhir kuliah es satu...hehehe
Bulan ini saya mulai penelitian di Dusun Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman. Di sana saya 'melebur' dengan penduduk yang terkena dampak pembangunan flyover Jombor. Saya pun berinteraksi banyak dengan dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral DIY. Khususnya bidang Bina Marga. Pagi-Siang-Sore lalu lalang untuk penelitian. 

Februari 2015
Mulai muncul gangguan-gangguan yang menyebabkan efek ketidakfokusan dalam skripsi seperti : lomba, organisasi, dan beberapa project lainnya. Ya Allah, ternyata aktivitas-aktivitas itu tetap tidak bisa dilepaskan. Iman untuk skripsi mulai goyah, tinggal setengah-setengah. Ya, inilah tantangan cukup berat untuk menguji seberapa besar usaha dan doa saya selama ini.

Maret 2015
Ini adalah bulan yang menegangkan bagi saya. Jatah izin penelitian hanya sampai tanggal 19 Maret 2015. Itu berarti hanya tinggal beberapa hari saja kan ? -___- Tiba-tiba ada kabar bahwa dua teman angkatan saya mau Yudisium bulan Maret...wah, terlalu luar biasa mereka. Cepat sekali ya....
Ada sebuah dorongan kuat dari orang tua agar segera wisuda. Terlalu sering mendengar pertanyaan "Mas Janu kapan ujian ? Kapan wisuda mas?" Ada juga yang lebih makjleb "Sudah mengajar di mana mas ? Kapan meni**h ? " :3 Saya hanya bisa berdoa dalam hati semoga Allah memudahkannya. Sebenarnya kami cukup didoakan saja, diberi semangat, jangan ditanya lagi ya ? :)

Sebuah peristiwa yang agaknya membuat shock dan down adalah ketika tiba-tiba flash disk saya minta di format. Data skripsi lupa tidak saya back up di komputer. Alhasil, data bab IV, bab yang menjadi tubuhnya skripsi hilang :(  Sedih, gelisah, semua jadi satu. Saya beristighfar, pagi buta itu di kamar serasa bumi telah terbalik (baca: saya langsung terbaring lemas). Betapa tidak, lembaran-lembaran yang sudah saya rangkai dengan penuh hat-hati, ada sekitar 116 halaman ternyata menghilang. Bukan Janu namanya kalau langsung putus asa. Saya percaya Allah akan memebrikan jalan. Pagi itu saya terpaksa buat status facebook dan berharap ada saran dari teman-teman. Alhamdulillah, banyak yang akhirnya memberi masukan.

Salah satu mimpi besarku tahun 2015

Siang itu saya langsung ke kampus dan bertemu sahabat baik saya Aditya Jantra dari Pendidikan Teknik Informatika. Saya mohon bantuan dia. Saya juga berusaha me-recovery data secara mandiri. Ternyata ada filenya dan....ternyata tidak dapat terbaca lagi :( Ya Allah.... Inikah balada skripsi itu ? Benar-benar baru sadar, ke mana saya selama ini ? Ini bulan terakhir untuk penelitian... Saya pun mengawali Bab IV lagi. Ya, menjadi pelajaran berharga agar saya lebih hati-hati menyimpan file penting. Belum lagi...laptop saya yang bermasalah, charger yang tiba-tiba mati dan gangguan teknis lainnya.

April 2015
Bulan ini menjadi awal saya bimbingan draft skripsi. InsyaAllah akhirnya saya telah usai merangkai lembaran-lembaran 5 Bab beserta lampirannya. Pertengahan bulan ini menjadi titik terang bahwa saya akan segera ujian skripsi :) Ya, berkat pertolongan Allah, doa mamak bapak, bantuan dari teman-teman angkatan 2011, dan motivasi sahabat sekalian. Kemarin sampai ke kampus demi mendapat persetujuan skripsi...harus rela tenaga dan kesabaran untuk melewati setiap tantangan yang dihadapi : revisi, menunggu dosen, dll.

Hasil pun sepadan dengan usaha. Allah selalu menunjukkan jalan kemudahan pada akhir sebuah kesulitan.

Bismillah, insyaAllah Rabu tanggal 22 April 2015 saya akan pendadaran ^_^ Mohon doa dan semangatnya ya :)

Pada akhirnya, skripsi adalah pilihan atas sebuah kewajiban yang harus ditunaikan. Cepat tidaknya mahasiswa akan menuju pendadaran kembali ke pilihan masing-masing. Mau di waktu yang tepat atau tepat waktu ? Mari direnungkan kembali. "Dulu saya sempat bernadzar saat OSPEK di GOR UNY untuk lulus kurang dari 4 tahun :)" insyaAllah...


Jadi ingat ayat Allah ini.

Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. Ath Tholaq: 7) 



Yogyakarta, 16 April 2015

Janu Muhammad

2 komentar:

  1. halo mas saya heri dari UIN SUKA indonesia..
    mau tanya biaya transpot sampean dari indo ke blanda berapa ya kalo di IDR kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalaam Mas. Maaf tidak untuk saya sebutkan nominalnya Mas. Terimakasih

      Hapus