Ged a Widget

Minggu, 01 Februari 2015

Episode AUYS 2015 : Semangat Pemuda-Pemudi ASEAN di Mata Dunia

Tidak terasa hari ini adalah hari terakhir kami berada di Universiti Utara Malaysia. Pagi Subuh ini suara koper mulai terdengar di lantai dasar asrama, pertanda beberapa peserta mulai melangkahkan kaki untuk pulang. Alhamdulillah, luar biasa. AUYS telah mempertemukan lebih dari 100 pemuda-pemudi ASEAN untuk berdialog bersama, membangun sebuah relasi dalam rangka misi volunteerism dan aktivitas sosial masyarakat.

Rasanya baru hari Selasa kemarin kami membuka acara ini di Gedung EDC UUM. Hari itu juga kami mengikuti Round Table Discussion, forum di mana para peserta mengkritisi, menyampaikan pendapat, dan memberikan sebuah personal experience terkait peran pemuda ASEAN dalam kegiatan volunteering. Rasanya belum lama juga saya secara hormat diberi kesempatan untuk mewakili Indonesia untuk menyampaikan presentasi terkait aktivitas sosial dan volunteering yang saya lakukan. Alhamdulillah, benar-benar luar biasa dapat mengenalkan Omah Baca Karung Goni dan Gerakan Mari Berbagi di forum internasional ini. Saya berharap akan menjadi semangat bahwa volunteerism bukan hanya tentang kerja bersama-sama memperbaiki jalan atau melaksanakan berbagai aktivitas fisik lainnya. Volunteerism adalah sebuah wadah di mana hati dan jiwa memenuhi panggilan-Nya untuk berbuat sesuatu kepada lingkungan.


Inilah episode AUYS #1 yang telah menumbuhkan kembali semangat pemuda-pemudi ASEAN di mata dunia, khususnya menyongsong ASEAN Economic Community 2015.

Semoga setelah sampai Indonesia nanti saya dapat menulis secara detail hal-hal apa saja yang menjadi pembelajaran selama di Malaysia ini.
InsyaAllah hari ini saya dan beberapa teman akan ke Thailand. Mohon doanya semoga barokah :)

Malaysia, 29 Januari 2015
Salam hangat,

Janu

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar