Ged a Widget

Kamis, 08 Januari 2015

INSPIRASI GEOGRAFI UNY 2011

Ini hanya sebuah catatan sederhana, kenangan sehari itu bersama keluargaku geografi 2011. Tidak ada maksud apapun kecuali hanya sekadar menulis untuk berbagi motivasi.

Selasa, 6 Januari 2015 menjadi hari penuh kenangan bagi saya dan teman-teman. Jadi ceritanya hari itu kami akan ujian mata kuliah Seminar Geografi. Ya, sepertinya ini adalah ujian terakhir kami yang secara serentak. Berhubung semua sudah angkatan tua maksud saya angkatan ke sekian... Tentu hari itu menjadi waktu terakhir kami ujian bersama, setelah itu pasti sudah tersebar entah ada yang skripsi atau kerja, atau kegiatan lainnya. tepat Pkl 13.00 di ruang G.01.213, ruang yang penuh memori, kami ujian. Ruang ini menyimpan cerita perjalanan P.GEOGRAFI UNY 2011, mulai dari saat-saat kuliah, presentasi, rapat kelas, mainan di kelas, ketemu dosen baik ataupun dosen killer, dan lain sebagainya, suatu saat ruangan ini akan kami rindukan, percaya deh.


Ini adalah kartu ujian saya yang semester ini hanya ambil 8 SKS, 2 SKS untuk seminar dan 6 SKS untuk Tugas Akhir Skripsi. Seperti biasanya, foto yang saya pasang ya yang ini lagi, ini foto sekitar semester 1 (masih fresh dari oven). Ujian pun dimulai, soalnya cukup mudah karena saya sudah belajar. Alhamdulillah...

Sekitar Pkl 14.00 saya keluar kelas karena sudah selesai sebelum waktu ujian berakhir, dari pada melakukan yang tidak-tidak. Yes, selesai. Lembar jawaban saya kumpulkan ke depan. Sambil berdoa semoga dapat nilai A bulan, aamiin ya Allah... Yang penting jujur yaaaa :) Setelah itu kami satu angkatan ke ruang Ki Hajar dewantara untuk...
FOTO BERSAMA. yei! Iya, kami akan foto angkatan, mumpung lengkap orangnya, kecuali Irma yang sudah menikah itu karena harus kembali ketemu adik bayinya.


Wajah-wajah ini adalah GEOGRAF MUDA 2011, banyak orang hebat yang menginspirasi saya. Alhamdulillah, angkatan kami melahirkan berbagai tokoh di kampus dan masyarakat. Ada Jaya Hardika yang jadi Ketua BEM Fakultas Ilmu Sosial UNY, ada Rumi Khusnandari yang baru saja PPL 3 bulan di Singapura, ada Pebri Nurhayati yang tahun 2014 kemarin menyabet gelar MAHASISWA BERPRESTASI 1 UNY, dia sudah ke Inggris, Jepang, Turki, Filipina, Dubai, dan berbagai wilayah yang sudah dijelajahi. Ada juga penggila naik gunung seperti Surya, Wisnu, Ali, Iqbal, Bowenk, dll. Ada juga atlet UNY seperti Adang yang sering dikirim lomba pencak silat. Ada juga yang sudah nikah, Irma Suci Amalia yang menjadi ibu muda. Teman-teman yang lain pun banyak yang sibuk di organisasinya, atau di kampungnya. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi adik-adik angkatan 2012, 2013, dan 2014 agar lebih baik. Semoga juga ini adalah amal ibadah bapak ibu dosen yang telah membimbing kami. Saya punya mimpi kalau jurusan geografi ke depannya akan membuka kelas internasional insyaAllah...

Totalnya ada 86 mahasiswa. Kebanyakan orang-orang di atas dari luar lho, Palembang, Kebumen, daerah ngapak lainnya, ada juga dari Medan, Lampung, Kalimantan, dan berbagai provinsi di Indonesia. Kalau dulu pas semester 1 biasanya malu-malu mau kenalan. Biasanya pakai bahasa Indonesia meskipun medhok. Lama-lama jadi kenal satu sama lain dan akhirnya setelah akrab jadi keluar deh aslinya. Yang dari Kebumen, Banyumas, Purbalingga pada pake ngapak, lah saya nggak paham lah yaw. Yang dari Palembang seperti Aziz, Dani, Bundo, dkk pakai bahasa daerah, yah saya ngga paham kali.... Yasudah, saya pake bahasa Jawa aja dari Jogja yang lembut mendayu-dayu :p Kami beragam bahasa dan suku, sehingga ibarat pelangi hehe. Namun tetap satu karena ada Bahasa Indonesia. 

Yang ini foto kelasku, kelas A, kelasnya yang dulu masuk lewat jalur prestasi undangan dan SNMPTN tertulis. Ada 46 mahasiswa, 17 di antaranya laki-laki dan sisaanya perempuan. Sebenarnya ada 1 yang di antara keduanya sebut saja...hush ngawur.

Dari kiri ke kanan baris 1 ada Adang, Difa, Gilang, Iqbal, Ali, Arif, Rohmad, Rijal, Wisnu.. Baruis 2 ada Janu, Dani, Aziz, Imam, Anggoro, Lulut, Surya, dan Feri. Nah, yang ini adalah boyband kelas A yang cakep-cakep euy....semoga cakep juga imannya. Rata-rata sih masing jomblo :p Ngga penting, yang penting besok segera wisuda....iya nggak gaes ???


Setelah puas foto-foto kami jam 16.30 ke rumah makan depan FIS untuk syukuran, makan bersama. Yah, inilah moment yang romantis untuk bersenda gurau bersama teman-teman seangkatan. Sekitar 86 mahasiswa di sini, memenuhi ruangan. Ada juga dek Maulana Azka (2014) fotografer muda, terimakasih ya dek. Syukuran ini memakai dana kas angkatan, saldo dari praktik lapangan. Ini bonusnya, selama ini kami tidak pernah pakai event organizer, kami membuat panitia sendiri sehingga dapat diatur langsung oleh mahasiswa. Ini hasil kekompakan yang selalu terjaga di angkatan kami.

Banyak moment yang sebenarnya pengin saya ceritakan, karena akan tiba saat dimana masing-masing dari kita menghabiskan waktu di depan laptop, bertemu dosen pembimbing, mengejar deadline revisian, ke perpustakaan, atau ambil data lapangan. Kita akan jarang bertemu, semoga bertemu di wisuda nanti ya. Tahun 2015 kita insyaAllah wisuda di GOR UNY. Setelah itu mohon doanya agar saya merantau, ingin sekali keluar dari Yogyakarta, dalam rangka mencari ilmu tentunya. Aamiin.... terimakasih keluargaku Pendidikan Geografi UNY 2011 ;-)Semoga adik-adik kita jauh lebih hebat dan memberikan banyak lagi PRESTASI, KONTRIBUSI, dan KARYA. Menuju International Geography Education :D

Banyak moment berkesan bersama kalian GEOGRAFI 2011,
Orang-orang hebat yang nantinya akan menjadi GEOGRAF,
Orang-orang yang akan menjadi pemimpin masa depan,
Tetap jaga keluarga ini, tetap bersatu menjaga bumi...
Sampai bertemu di puncak kesuksesan,
Sampai bertemu di wisuda nanti...insyaAllah
Dan besiaplah mendidik generasi terbaik Indonesia
Salam GEOGRAFI !

Janu punya mimpi merantau ke negara dengan bendera merah putih biru itu :) aamiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar