Ged a Widget

Senin, 01 Desember 2014

Sharing Informasi Hasil Kopdar Beasiswa Erasmus Mundus di Yogyakarta

Alhamdulillah, ini note kedua yang saya buat, setelah note pertama tadi akhirnya hilang karena komputer warnet langsung restart dan data belum di save. Tadi sudah lumayan banyak, tapi agak bertele-tele. Baiklah, yang ini harus to the point ya. 

 https://scontent-a-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xaf1/v/t1.0-9/s526x395/10678785_388591361298588_5581832468340476117_n.jpg?oh=bb5215c379a1a29deb5847bb13b9ecd1&oe=5517ACCE

Jadi ceritanya kemarin sore baru saja diadakan Kopdar beasiswa Erasmus Mundus di Foodpark UGM. Perkenalkan, saya Janu dari UNY, ada mbak Kuni UGM, mbak Endah UGM, mbak Dian UAD, dan Abie UNY. Kami berlima adalah tim kecil yang menginisiasi adanya kopdar ini, semua serba dadakan. Saya berpikir, daripada di grup hanya kebanyakan koment dan pertanyaan “kapan kumpul?”, kenapa nggak langsung ambil inisiatif aja ? Kebetulan juga, mas admin Emundus baru bertandang ke Jogja buat liburan. Oke untuk awalan cukup ya. Note sederhana ini lebih mengupas poin-poin pertanyaan dan jawabannya. Untuk info lengkap beasiswa bisa diakses di http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/index_en.php
 
Kopdar kemarin malam diikuti oleh sekitar 65 peserta, baik dari jenjang S1 sampai S2. Sebenarnya panitia mengantongi 150an pendaftar, namun yang prioritas dapat seat sekitar 60. Mas Yansen dari European Union membuka diskusi bersama Abie. “Sebenarnya info tentang Erasmus Mundus (Erasmus Plus) sudah ada di website,” tutur mas Yansen. Tapi tidak ada salah untuk penjelasan awal. Erasmus Plus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa lulusan S1 dan S2 dari negara-negara ketiga untuk mengikuti program Erasmus Plus. Siapa yang dapat turut serta ? Silakan cek https://emundus.wordpress.com/selamat-datang/
 
Apa yang dimaksud dengan EMMC ?
EMMC adalah program-program studi yang terpadu pada tingkat S2 yang ditawarkan oleh Konsorsium Magister Erasmus Plus. Mahasisw akan menjalani masa kuliah di sekurang-kurangnya dua lembaga pendidikan yang IKUT serta dalam program ini, dengan negara berbeda. Otomatis gelarnya nanti ganda. EMMC mencakup berbagai disiplin ilmu, mulai dari mipa, teknik, sosial, humaniora, dan lains ebagainya.

Berapa nilai bantuan beasiswa Erasmus Plus ?
Untuk mahasiswa dari kategori A adalah 24.000 euro per mahasiswa untuk pendidikan 1 tahun atau 48.000 untuk 2 tahun. Kategori B mendapat 10.000 euro untuk 1 tahun dan 23.000 euro untuk 2 tahun. 
EUR 8.000 untuk tuition fee (bukan bagian anda, kemungkinan akan langsung dipotong dari beasiswa) EUR 12.000 untuk living cost selama 12 bulan (mungkin didistribusikan dalam 12 bulan @ EUR 1.000). EUR 4.000 untuk mobility cost (termasuk pesawat dari Indonesia ke Eropa, juga untuk perpindahan antar kota/negara dalam 1 tahun masa studi)

Bagaimana cara mengajukan permohonan beasiswa ?
Langsung ke konsorsiumnya, bukan ke Uni Eropa.
Kapan batas waktu pengajuan permohonan ? Biasanya dibuka sekitar September dan Oktober sampai awal Januari, tergantung programnya. Baca panduannya di http://bit.ly/EM-EMMC untuk daftar EMMC yang tersedia sekarang.

Suasana kopdar (sumber : mas Yansen)

Oiya, Erasmus juga ada action 2 lho. Beasiswa EM terbagi menjadi dua action projects: Action 1-EM Joint Programmesdan Action 2-EM Partnership. Untuk Action 1, kita memilih dulu program yang diinginkan. Masing-masing program sudah terdapat list universitas yang terdaftar di konsorsium program. Dalam masa studi, minimal kita kuliah di tiga universitas di tiga negara berbeda.  In the meantime, Action 2 menawarkan beasiswa program paska sarjana, pertukarang pelajar (satu atau dua semester), dan pertukaran staf (satu bulan). Sebelum mendaftar EM Action 2, pastikan kita tahu terlebih dahulu kita termasuk di Target Group berapa karena ada beberapa Target Group dalam EM Action 2 ini. Target Group  merupakan kategori pendaftar beasiswa. Hal ini dikarenakan Action 2 terjalin melalui program kerjasama dengan beberapa universitas partner. But no worry, everyone has the chance to get this scholarship.

Target Group 1 (TG1) ditujukan untuk mahasiswa atau alumni dari universitas yang termasuk dalam partner universities. Misalnya untuk program LOTUS Unlimited yang merupakan program kerjasama dengan ITB dan UGM di Indonesia. Mahasiswa atau alumni ITB dan UGM termasuk di TG1 untuk program LOTUS Unlimited. Target Group 2 (TG2) ditujukan untuk khalayak umum dari semua universitas yang bukan universitas partnership di TG1. Selain itu, terdapat juga Target Group 3 (TG3) untuk pendaftar dengan keadaan khusus. Misalnya berasal dari daerah yang terkena bencana alam, poverty, dll dan harus menyertakan bukti “keadaan” tersebut. Berbeda dengan Action 1, dengan Action 2 kita hanya berkuliah di satu kampus di satu negara selama masa studi (jadi tidak pindah negara).

Baik, kita masuk ke beberapa pertanyaan yang ditanyakan kemarin ya ? Kebetulan kemarin ada mbak Nabila dari ITB dan mas Steven dari UGM yang juga ikut berbagi ilmu.

Dana beasiswa apakah dibatasi ?
Penjelasan di atas adalah 24.000 euro, tidak diserahkan langsung semua tetapi berangsur, setelah kita membuat rekening di sana.

Kalau dari S1 kependidikan lanjut action 1 yang murni apakah ada peluang ?
Pasti ada, asal kita mau ‘menjual alasan kuat kita kenapa mengambil program itu di motivation letter’.

Kalau mengundurkan diri karena dapat beasiswa lain bagaimana ? Apakah akan dapat black list ? Boleh saja, sampai saat ini belum ada informasi terkait dengan black list EM.

Bagaimana sistem transfer kredit jika ikut action 2 yaitu exchange ?
Tergantung kebijakan jurusannya, rata-rata para alumni bisa sampai 17 SKS.

Kalau ternyata belum lulus dan diminta mengirim sertifikat/ijazah lulus, apakah ada cara lain ? Buat surat keterangan kapan lulus yang disyahkan universitas, atau surat pernyataan secara personal bahwa kita akan lulus pada waktu sekian.

Bagaimana cara daftarnya ?
Langsung ke konsorsium program, bukan ke Uni Eropa. Cek lagi https://emundus.wordpress.com/selamat-datang/ 

Apa saja kemungkinan setelah kita kirim berkas ?
Ada 3 kemungkinan : diterima beasiswa namun tidak diterima program, diterima program namun tidak diterima beasiswa, dan diterima keduanya. Nah, pernah ada kasus ketika EM ternyata tidak memberikan beasiswa, akhirnya bisa diajukan ke LPDP.

Beberapa alumni Action 2 yang hadir (dok:akun Emundus)
Suasana di Foodpark UGM
Syarat berkasnya apa ya ?
Trnskrip nilai (IPK) yang sudah tidak bisa diganggu gugat
Motivation letter (bukan rangkuman CV) penting sekali untuk ‘menjual’ diri, dalam arti menjelaskan sejauh mana pencapaian hidup selama ini dan apa rencan untuk masa depan setelah lulus. Sertifikat, berkas lain silakan cek di website.

Bagaimana untuk memeproleh informasi tambahan ?
Sebelum menghubungi Delegasi Uni Eropa, sangat dianjurkan untuk membaca daftar tanya jawab (FAQ) yang terdapat pada situs ini : http://bit.ly/EM-faq

Selebihnya,acara kopdar diisi oleh sharing para alumni action 2, dan akhirnya ditutup dengan quis untuk pembagian doorprize. Kopdar selesai sekitar Pkl 22.00. Kami mengucapkan terimakasih atas kedatangannya dan mohon maaf ya jika ada kekurangan. Semoga semakin semangat dalam menggapai mimpi kuliah di Eropa, salah satunya dengan Erasmus Plus. 


Keep our dream ! Let's study abroad in Europe ! Hanya mereka yang bersungguh-sungguhlah yang akan mencapai target impian :)


Semoga semangat kemarin malam tidak lekas padam, tetap nyalakan dengan follow up dan persiapan aplikasi, itung-itung memperbaiki IPK dan motlet. 
Fighting !

Referensi  : 
https://emundus.wordpress.com/
http://eeas.europa.eu/delegations/indonesia/more_info/erasmus_mundus/index_id.htm
indonesiamengglobal.com/
 
Tim kopdar dadakan (Dina,Janu,Abie,Endah,Kuni,Yansen,Qonita/depan)
Mbak Nabila dan Mas Steven baru sharing, semangat banget!

3 komentar:

  1. Salam Inspirasi :)
    Setelah selesai membaca beberapa postingan Di Blog Mas Janu Saya semakin optimis nasib negara akan semakin baik dimasa depan, dengan segala cita-cita, harapan dan semangat untuk terus berusaha dan berdoa. Semoga semangat ini bisa ditularkan kepada seluruh penerus bangsa. pemuda, anak-anak maupun orang dewasa yang "TERLUPA".

    Salam hangat dari Saya Nur Faizin. Mahasiswa jurusan kehutanan Universitas Riau-Pekanbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam inspirasi juga mas Faizin. wah maaf baru buka blog lagi.insyaAllah saat ini kita belajar untuk mencari ilmu dulu. Semoga bisa bersama-sama mendedikasikan diri untuk Indonesia di masa depan. Man Jadda Wajada

      Salam,

      Janu

      Hapus
  2. hallo kak maaf mau tanya, untuk program exchange yang 1 semester apakah khusus Target 1 saja? karena saya belum menemukan informasi tersebut. saya bukan berasal dari partner univ tp ingin mencoba exchange.

    BalasHapus