Ged a Widget

Minggu, 26 Oktober 2014

Australia, Tunggu Kami Awal November Esok

Sekitar bulan September 2013 saya mengikuti seleksi Youth Adventure and Youth Leaders Forum (YA & YLF) yang diadakan oleh Gerakan Mari Berbagi (GMB) dan alhamdulillah lulus tahap wawancara yang dilaksanakan di kantor Kemenpora Jakarta. Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya awal bulan Februari 2014 kami 47 pemuka pemuda terpilih bertemu di Yogyakarta dalam kegiatan YA & YLF. Cerita perjalanannya ada di tulisan ini. 

Saya kemudian mengimplementasikan program GMB 1000 Buku. Selama 4 bulan, saya berkolaborasi dengan para volunteer Omah Baca Karung Goni untuk mengumpulkan 1000 buku. Akhirnya, terkumpul sekitar 1.034 buku. Alhamdulillah...
Beberapa pelajaran yang saya dapatkan ketika mengimplementasikan program ini ada di link berikut.
Saya bersyukur, ketika belajar menjadi pustakwan muda. Ada inspirasi yang di dapat di sini.

Selang beberapa bulan kemudian, dapat panggilan untuk wawancara kembali di Kemenpora, oleh Bang Azwar dan para volunteer GMB. Tak disangka-sangka, setelah melalui masa training dan seleksi ketat, malam itu nama saya keluar sebagai salah satu delegasi Indonesia untuk homestay di Australia, masih ingat tangis bahagia malam itu. Masih ingat ketika membaca ceritanya di sini. 
Berbagai persiapan telah kami lakukan, 15 delegasi Australia dan Jepang. Mulai dari pembuatan visa, asuransi, logistik, cultural performance, dan lain sebagainya. Bahkan, satu pengalaman baru ketika mendapat kehormatan untuk bertemu, berdiskusi dengan Pak Greg Moriarty, duta besar Australia untuk Indonesia. Kisahnya ada di sini. 
Saat ini saya baru saja pulang dari kunjungan di Universitas Brawijaya Malang bersama UKMF Penelitian SCREEN dan siap untuk prepare ke Australia. Tentu akan ada banyak hal baru, budaya, pendidikan, keragaman alam, bahasa baru, bahkan perjalanan ke Autralia esok akan menjadi moment bersejarah dalam hidup saya.
 

Inilah, sebuah perjalanan kedua saya setelah tahun kemarin ke Belanda. Ingin rasanya segera ketemu host family di Brisbane, segera melakukan kegiatan volunteer, mini research, travelling di South Bank, pergi ke University of Queensland dan ketemu PPI Australia...
Semoga diberikan keberkahan Allah, lancar semua dan dapat saya sharekan ilmunya :))
 

Australia, tunggu kami delegasi GMB awal November esok !
InsyaAllah...

Salam hangat dari Janu Muhammad
Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY 2011
Holland Dreamer, Want to Be Utrecht University's Student

Prepare your applicataion for YA & YLF 2015

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar