Ged a Widget

Senin, 26 Mei 2014

Lulus Lebih Awal, Why Not ?

Alhamdulillah akhirnya bisa menulis lagi, untuk sekadar nostalgia dalam blogging sebelum bulan Mei ini berakhir. Jadi ceritanya saya sudah cukup lama vakum postingan. Beberapa agenda mengharuskan saya untuk tidak membuka blogger dan akhirnya baru kesampaian sekarang. Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang pengalaman gowes ke kampus UNY. Saya bersyukur bisa memenuhi nadzar itu sebelum 1 Juli 2014 nanti terjun KKN PPL di SMA Neegri 1 Minggir.

Baik, beberapa minggu lalu saya telah mengirim sebuah draft proposal skripsi ke jurusan. Saya berniat mengikuti program percepatan. Saya masih ingat nasihat bu Nurfina Aznam saat OSPEK di GOR UNY, "Luluslah tepat waktu, syukur-syukur bisa lebih awal". Kalimat itu tidak selalu di ingatan saya. Sebuah pesan mulia agar memotivasi mahasiswa untuk benar-benar efektif dalam memanfaatkan waktu kuliah. Beberapa pertanyaan yang sering muncul : Memang sudah siap po lulus cepet-cepet ? Sudah cukup ilmu ? Sudah siap kerja ? Sudah siap menjadi guru ? Pertanyaan-pertanyaan ini sudah terlalu basi untuk dibahas. Sekarang coba dibalik : Kenapa harus lama-lama kuliah ? Apa masih kurang ilmu ? Sudah siap jadi mahasiswa tua ? Apa nggak segera lulus saja ? Ada lagi keraguan ?
Lulus Lebih Awal, Why Not ?
 

Sudah-sudah, saya tidak akan membahas tentang pro kontra lulus cepat. Semua sudah menjadi pilihan tiap mahasiswa. Mau lulus kapanpun itu HAK, namun kewajibannya adalah SEGERA membagikan ilmu serta pengalaman yang didapat untuk merawat Indonesia kita. Saya yakin sangatlah bijak ketika mahasiswa mampu lulus tidak lama-lama namun meninggalkan karya terbaik untuk almamater, betul ? 

Lanjut ya ? Sejak saat ini pun saya berusaha merancang masa depan itu, masa depan yang akan sangat menentukan kehidupan saya nanti. Ketika sudah semeter 6 ini, saya harus berpikir matang : apa tema skripsiku nanti ? Apakah tentang geografi fisik ? geografi manusia ? geografi teknik ? atau kependidikan ?

Bismillah, saya memutuskan untuk mengambil geografi manusia (human geography). Saya suka, saya berniat untuk memperdalam ilmu ini karena kebermanfaatannya yang luas dan mencakup seluruh aspek manusia dan interaksinya dengan alam. Saya pun mengajukan sebuah judul draft proposal skripsi : 


Studi Persepsi Risiko Masyarakat Terhadap Pembangunan Fly Over Jombor di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Pendekatan Keruangan

Lulus Lebih Awal, Why Not ?

Judul ini sebenarnya terpikirkan ketika saya tiap hari lewat fly over Jombor. Coba kita bayangkan, pembangunannya sudah sejal 2010 lho singat saya dan sampai sekarng belum selesai. Banyak polemik, pro kontra, dan konflik kepentingan di sini. Saya berniat ambil fokus di persepsi masyarakatnya untukmengevaluasi pembangunan fly over ini dari sudut pandang keruangan (spasial). Selain untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya, saya juga ingin mengetahui perencanaan yang seharusnya dilakukan agar pembangunan lainnya lebih terarah dan sesuai aturan tata kota. 

Fly Over dari Sisi Barat


Terlebih, pentingnya peran masyarakat dalam perencanaan suatu pembangunan yang seharusnya dilibatkan, agar mereka tahu dampak positif dan negatifnya. Dan ujung-ujungnya adalah uang, politik sudah main karena saya dengar infonya setiap lahan 1 meter persegi bisa dihargai sampai 10 juta rupiah. Wajar saja, banyak sisi-sisi jalan yang melebar dan bangunan lama yang tergusur.

Fly Over Jombor dari timur

Bangunan perenggut lahan produktif warga :3

Semoga diberikan kebulatan niat, keikhlasan, dan kelancaran dari Allah dalam pengerjaan proposal skripsi ini, insyaAllah.... dan segera lulus 3,5 tahun, fokus persiapan apply master dan apply beasiswa, insyaAllah 2016 kuliah di Department of Human Geography and Planning, Utrecht University, Netherlands.

Lulus Lebih Awal, Why Not ?

"Setiap mimpi itu harus diperjuangkan. Tiada kata menyerah dan lelah untuk meraihnya."
Man Jadda Wajada

"Saya ingin segera merantau, agar bisa merasakan ketika kampung halaman 
menjadi sebuah kerinduan."

Bismillah...

2 komentar:

  1. Maaf baru sempat memberi komentar broo hehe..

    Nice dream (y)
    Tidak setiap orang berniat lulus lebih awal. Terlebih lagi, tidak setiap orang berpikir lebih awal untuk berkontribusi langsung untuk Indonesia :D

    Semangat! Semoga dimudahkan prosesnya.
    Let's meet on top! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang Jek udah mampir... siap bang, mari bersama merawat Indonesia :)

      Hapus