Ged a Widget

Rabu, 22 Januari 2014

Omah Baca Karung Goni : Seribu Mimpi Dari Dusun Kami

Hari Minggu, 19 Januari 2014 menjadi sejarah besar bagi tempat tinggal saya, Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman. Hari itu telah terlaksanan sebuah kegiatan mulia, yang memberikan seribu hikmah bagi kami masyarakat Ngemplak. Omah Baca Karung Goni dan Bakti Sosial adalah rangkaian kegiatan hari itu. Kegiatan ini adalah program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh mahasiswa-mahasiswa UGM sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.
Menuju Peresmian

Setelah Peresmian


Para mahasiswa UGM dan pengurus Ikatan Remaja Ngemplak mendapat dukungan penuh dari Pak Hardoko selaku kepala dusun, pemerintah Desa Caturharjo, Pemerintah Kabupaten Sleman, dan tentunya birokrat kampus. OBKGBS diisi dengan pengobatan gratis, bazar baju murah mulai harga 2000an sampai 10ribuan, bazar sembako, dan tentunya peresmian perpustakaan warga. Ada juga pelantikan kader perpustakaan OKG. Hari itu menjadi istimewa dengan penampilan kesenian Jathilan oleh adek-adek. 


Penampilan Kesenian Jathilan
Setelah diresmikan oleh pihak Kecamatan Sleman, dilanjtkan dengan acara khusus untuk adek-adek. Ada lomba merangkai puzzle, mendongeng, menuliskan mimpi, sampai peminjaman buku perpustakaan. 

Bazar Baju Super Murah

Sembako Warga
Pengobatan Gratis
Alhamdulillah, benar-benar harus bersyukur bisa menjadi bagian dari pelopor berdirinya perpustakaan ini. Melihat minat adek-adek untuk membaca, terbukti pada hari pertama sudah sekitar 32 peminjam buku. Mereka sangat antusias akan hadirnya perpustakaan ini. Kami telah menanti kehadirannya. Ini merupakan mimpi saya agar suatu hari saya dan teman-teman bisa mendirikan perpustakaan untuk warga. Saya melihat wajah-wajah cendekiawan yang akan lahir dari perpustakaan ini. Seribu mimpi tertoreh untuk kemajuan OKG dan satu demi satu insyaAllah kami akan bangkit, menjadi manusia pembelajar dan manusia yang haus akan ilmu untuk kemajuan Indonesia. Kami yakin, suatu saat dusun Ngemplak akan melahirkan sosok-sosok inspiratif : guru, dokter, polisi, pilot, dan lain-lain yang akan mengembangkan dan menyejahterakan tempat di mana kami dilahirkan.

Suasana Ketika Diisi Mbak Yulika dkk
Liputan OKG : 
http://ugm.ac.id/id/berita/8602-mahasiswa.asrama.ugm.dirikan.%E2%80%98omah.baca.karung.goni%E2%80%99
http://jogja.tribunnews.com/2014/01/20/mahasiswa-ugm-dirikan-taman-bacaan-di-dusun-ngemplak/
#RefleksiMahasiswaEsSatu :

Semakin tinggi pendidikan yang diterima seseorang, semakin besar pula tanggung jawab yang harus ia berikan untuk masyarakan di mana ia tinggal. Rasa tidak bisa bohong, masyarakat telah menunggu kontribusi kita. Bersyukurlah dan terus berbagilah untuk orang lain dalam kebaikan. Mari bersama membawa perubahan untuk Indonesia Tersenyum :-)

Perpustakaan Yang Kami Nantikan

Sekali lagi, terimakasih untuk Mbak Yulika, mas Rion, mas Tian dkk untuk OBKGBS nya :-) 

OBKG untuk Kemajuan Warga Ngemplak

Selamat berkarya,
Selamat mengabdi,
Selamat menginspirasi
Salam Berbagi !


Dusun Ngemplak, 22 Januari 2014

Yang Merindukan Surga-Nya,

Janu Muhammad

4 komentar:

  1. Subhanallah.. Semoga senantiasa bermanfaat dan menjadi berkah bagi semua.. :)
    oia kak, coba mengajukan proposal ke kpk, kemarin perpus kami juga mengajukan. alhamdulillah dapat. :)
    Salam dari kampus upp2 uny :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas informasinya mas/mbak,untuk prosedurnya bagaimana ya?hehe

      Hapus
  2. terimakasih atas informasinya mas/mbak,untuk prosedurnya bagaimana ya?hehe

    BalasHapus
  3. Via email saja ya kak erlinsuryoindah@gmail.com :)
    Mahasiswa uny jg angkatan 2012 :)

    BalasHapus