Ged a Widget

Senin, 13 Januari 2014

Dia Kembali Lagi

Jadi ceritanya hari Minggu, tanggal 12 Januari 2014 kemarin dilaksanakan Musyawarah Keluarga Ilmiah SCREEN (MKIS). Dalam bahasa yang lebih santai, bisa disebut dengan sidang umum atau sidang pertanggungjawaban. Selama satu tahun diamanahi sebagai kepala Departemen Pengembangan Penalaran dan Studi Ilmiah (PPSI) banyak hikmah yang membekas di hati. Suka, duka, dan haru biru menjadi satu, dalam satu momen berharga kemarin. Sudah kurang lebih satu tahun, kapal UKMF Penelitian SCREEN berlayar. Kini saatnya menuju dermaga baru untuk mengawali perjalanan selanjutnya. Perjalanan saya di organisasi ini sudah dua tahun, seharusnya sudah bisa mendewasakan diri dan mematangkan diri untuk menjadi seorang nahkodanya suatu saat nanti.


Janu (P.Geografi 2011) dan mas Asep Sumiaji (PKnH 2010)

Banyak momen tak terlupakan yang ada di ingatan saya. Ketika pertama kalinya presentasi proker, sampai ketika up grading kepengurusan. Saya menemukan jiwa dan minat saya di organisasi ini, SCREEN. Enam bulan pertama, kami dari PPSI mengawali gebrakan dengan adanya Diskusi Ilmiah Pengurus SCREEN. Alhamdulillah sampai akhir kepengurusan telah terlaksana 10x, outputnya adalah prestasi, kontribusi, dan dedikasi. Kegiatan Olimpiade Penelitian dan Seminar Ilmiah (OPSI) adalah sejarah baru bagi SCREEN. Pertama kalinya kami mengadakan event akbar regional DIY-Jawa Tengah yang melibatkan siswa SMA/MA/SMK. Saya masih ingat, staf-staf saya seperti Kholik, Ana, Pambayun, Ari, Dian, dan Berti yang berjuang sampai darah penghabisan (meski tidak berdarah) dan akhirnya terselenggaralah kegiatan itu. Tidak cukup di sini, dedikasi kami tertuang dalam program Student Development Program Penelitian. Ini adalah sambutan bagi para mahasiswa baru FIS yang minat dalam bidang penelitian. Kapita Selekta, Seminar, Simposium, Jelscreen, dan Short Paper Contest menjadi alur manis yang merangkai SDP Penelitian FIS 2013. Terpilihlah 3 jawara yang akan meneruskan estafet prestasi SCREEN,

Dia kembali lagi,
Saya pada tahun 2010 pernah diamanahi sebagai Ketua Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 2 Yogyakarta, dan Minggu kemarin amanah itu melekat kembali. Saya mencoba untuk ikhlas dan tawakal. Inilah jalan terbaik dari Allah untuk saya. Sebuah refleksi diri, bahwa perjalanan manusia sudah diatur oleh-Nya. Kita hanya perlu berusaha, bertawakal, dan menyempurnakannya dengan doa. 

Terucap rasa syukur dan terimakasih kepada kedua orang tua saya yang selama ini telah sabar mendidik Janu, kepada mas Asep Sumiaji yang tak tergantikan menjadi ketua SCREEN, kepada segenap jajaran dekanat FIS, Pak Ajat Sudrajat, Bu Terry Irenewati, keluarga besar UKMF Penelitian SCREEN, Fakultas Ilmu Sosial UNY, dan segenap ormawa UNY. 

Kapal ini akan segera berlayar,
Mengarungi lautan penuh tantangan,
Tegar dan semangat,
InsyaAllah akan berusaha memberikan yang terbaik selama satu tahun ke depan. 
Bersyukur dan berbagi,
Berjuang untuk meraih mimpi,
Introspeksi untuk perbaikan diri,
Tumbuhkan cinta dalam hati,
Meraih ridho illahi.


#RefleksiMahasiswaEsSatu

Kamar Inspirasi, 13 Januari 2014


Janu Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar