Ged a Widget

Sabtu, 28 September 2013

Tertarik Studi di Belanda ?

Bismillah, malam ini saya akan share artikel yang berkaitan dengan studi di Belanda.
Sahabatku, ada yang tertarik ke luar negeri ? Belanda ? Amerika ?  :) Kali ini saya ingin berbagai cerita atau gambaran jika ingin kuliah di Belanda. 

Dunia di luar adalah sebuah tempat yang besar”, ujar warga Belanda yang menyadari betapa kecilnya negara mereka. Walaupun ukurannya kecil, Belanda memiliki tradisi budaya yang kaya.

Belanda atau Netherlands?

Kerajaan Netherlands terdiri dari negara Belanda sendiri dan enam kepulauan Aruba dan Netherlands Antilles di Laut Karibia. Nama resmi negara ini adalah Nederland yang berarti 'negara yang berada di tanah rendah', karena sebagian besar tanahnya berada atau di bawah ketinggian permukaan air.
Dewasa ini, Belanda juga dikenal dengan 'Holland', nama yang merujuk pada dua provinsi yang terletak di pesisir barat, Holland Utara dan Selatan yang merupakan bagian paling berkembang dan terkaya selama abad ke-17.

Masyarakat

Selama beberapa dekade, ikatan sejarah negara ini dengan bagian-bagian lainnya di dunia telah membawa banyak warga asing yang menetap di Belanda membawa beberapa ide dan budaya mereka sendiri. Ini membuat Belanda secara umum menjadi bangsa yang berpikiran terbuka dan toleran. Masyarakat Belanda kini menjadi tempat asal bagi lebih dari 190 bangsa yang berbeda.
Walaupun Belanda menjadi bahasa nasional, sebagian besar orang juga berbicara bahasa Inggris dan seringkali bahasa asing lainnya seperti Jerman atau Prancis.
Karakteristik lain dari orang Belanda adalah keterbukaan dan perilaku lugasnya. Anda dapat berbicara apa adanya, orang Belanda tidak mudah tersinggung.

Pariwisata

Ada banyak tempat yang bisa dilihat di Belanda, entah dengan berjalan kaki menyusuri kota, melakukan perjalanan dengan perahu di kanal atau danau, bersantai di pantai atau berjalan melalui hutan serta bukit pasir.
Banyak bintang musik internasional besar secara rutin melakukan pertunjukan di stadion dan tempat-tempat lebih kecil di Belanda. Pertunjukan musikal dan teater juga sangat populer dan Belanda memiliki lebih dari 1.000 museum yang dapat dijelajahi.
Dan jangan kaget jika banyak orang memakai baju warna oranye dan berpesta di jalan pada Queen’s Day atau selama kejuaraan sepakbola internasional.


Makanan

Orang Belanda tidak memiliki budaya adiboga, dan makanan panas hanya dibatasi sekali sehari, biasanya di sore hari. Sarapan pada umumnya disediakan dalam bentuk roti dengan keju, daging iris dingin dan/atau selai. Kebanyakan orang makan roti isi untuk makan siang, terkadang dengan sup atau salad. Makan malam biasanya merupakan paduan kentang dan sayur dengan daging atau ikan. Namun demikian, cita rasa Belanda telah menjadi lebih internasional dan disempurnakan. Anda akan menemukan berbagai jenis variasi produk di supermarket dan banyak restoran menawarkan berbagai jenis masakan internasional.



Kualitas tinggi dalam lingkungan internasional
Pendidikan tinggi di Belanda terkenal berkat kualitasnya yang tinggi dan merupakan lingkungan studi internasional. Dengan lebih dari 1,700 program dan kursus, pendidikan tinggi di Belanda memiliki program pendidikan berbahasa Inggris terbesar di Eropa.

Sistem biner
Pendidikan tinggi di Belanda memiliki sistem biner yang berarti Anda dapat memilih dua jenis pendidikan:
Di universitas riset Anda akan lebih fokus pada pekerjaan yang berorientasi riset yang berlatar belakang akademik atau profesional. Di universitas ilmu terapan Anda dapat memilih program profesional dalam seni terapan dan sains untuk menyiapkan Anda dalam karier tertentu.
Pendidikan tinggi dengan cabang lebih kecil ketiga disediakan oleh lembaga pendidikan internasional yang menawarkan program yang dirancang untuk siswa internasional.



Tiga siklus
Belanda memperkenalkan struktur gelar sarjana-master di tahun 2002, namun perbedaan di antar kedua jenis pendidikan ini masih ada. Baik universitas riset maupun universitas ilmu terapan sama-sama dapat memberikan gelar sarjana atau master.
Anda memperoleh gelar sarjana terlebih dahulu (siklus pertama), lalu Anda dapat melanjutkan studi gelar master (siklus kedua). Setelah menyelesaikan program master, Anda dapat memulai program gelar PhD (siklus ketiga).
Internship atau Magang
Banyak siswa yang melakukan internship atau magang sebagai bagian dari program studi mereka.

Penjelasan sistem nilai di Belanda.
Anda akan mengetahui bahwa sistem penilaian di Belanda berbeda dengan sistem penilaian Anda.
Saat Anda datang ke Belanda untuk belajar, Anda pasti berharap bahwa banyak hal yang berbeda dengan negara asal Anda: misalnya iklim, gaya hidup, lalu lintas, makanan, pakaian dan agama. Sistem penilaian juga tidak sama dengan apa yang biasa Anda jumpai.
Untuk membantu memahami sistem penilaian di Belanda, kami telah menyediakan penjelasan singkat di bawah ini.  

Sistem penilaian sepuluh poin

Ada banyak sistem penilaian berbeda di seluruh dunia, misalnya (dari nilai terendah hingga tertinggi) 1 hingga 5, 1 hingga 10, 1 hingga 20, 1 hingga 100, 5 hingga 1, F hingga A. Di Belanda sistem sepuluh poin digunakan dalam pendidikan menengah dan tinggi. Nilai 10 adalah nilai tertinggi dan 6 adalah nilai minimum kelulusan.

NilaiArti
10 Luar biasa*
9 Sangat baik*
8 Baik
7 Lebih dari memuaskan
6 Memuaskan
5 Hampir memuaskan
4 Tidak memuaskan
3 Sangat tidak memuaskan*
2 Buruk*
1* Sangat buruk*
 * Nilai 1-3 hampir tidak pernah diberikan dan nilai 9 dan 10 sangat jarang.

Perbandingan sistem penilaian

Beberapa negara menggunakan sistem penilaian yang tampak mirip dengan yang digunakan di Belanda. Salah satu contohnya adalah sistem 1-100. Namun demikian, akan tidak akurat jika membandingkan nilai 90-100 dengan sistem nilai 10 seperti dalam sistem Belanda, atau 80-90 dengan 9, dan seterusnya.
Angka 80 di China, misalnya, tidak dianggap sebagai nilai yang baik karena sebagian besar nilai dalam pendidikan tinggi di China ada di antara 80 dan 100. Namun di Belanda, angka 8 adalah angka yang baik karena sebagian besar angka di antara 6 dan 8, hanya siswa yang luar biasa saja yang mendapatkan nilai di atas 8.

Berdasarkan gambaran di atas, apakah sahabat tertarik studi di Belanda ? :-)

Referensi : 
http://www.nesoindonesia.or.id/tinggal-di-belanda/tentang-belanda 
http://www.nesoindonesia.or.id/sistem-pendidikan/sistem-penilaian-di-belanda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar