Ged a Widget

Selasa, 27 Agustus 2013

Lima Bekal Bermanfaat Menjadi Mahasiswa Baru



Bismillah...

Halo semuanya, alhamdulillah jumpa kembali dalam dunia maya. Jadi ceritanya begini, bulan Agustus 2013 ini memang momen yang spesial, kenapa ya ? Mari kita menengok ke belakang : akhir Ramadhan jatuh pada bulan Agustus, Idul Fitri dan 68 tahun kemerdekaan RI jatuh pada bulan Agustus (tentunya). Jadi, saya yakin diantara teman-teman ini merasakan bahwa Agustus tahun ini penuh warna, bukan demikian ? :-)


Nah, di kampus pendidikan UNY, bulan Agustus menjadi momen spesial juga karena saya bisa berjumpa dengan wajah-wajah baru kampus ini, kita sebut dengan mahasiswa baru (Maba). Yap, tepat 19 Agustus 2013 kemarin Maba UNY 2013 telah mengikuti Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Setelah serangkaian OSPEK, ESQ, maupun ICT maka pada tanggal 2 September 2013 kegiatan perkualiahan perdana musim ini siap dimulai. 



Dunia kampus menurut saya jelas berbeda, bagi Anda sekalian yang baru saja lulus SMA dan kini berstatus Maba. Jelas beda, ada yang merantau, kos, sering pulang malam, dan semua merupakan hal baru yang tidak dijumpai selama SMA. Saya di sini akan berbagi tips atau bekal yang insyaAllah akan bermanfaat jika saat ini Anda adalah Maba. Lima bekal tersebut yaitu :

1. Pasang niat awal dengan benar
Mumpung masih awal kuliah, saya menyarankan bagi Maba untuk memantapkan niat kuliah dengan baik. Artinya, mari bersama-sama meniatkan kuliah untuk mencari ilmu dengan cara-cara yang benar. Saya yakin hasilnya akan maksimal, apalagi bisa lulus 4 tahun seperti yang ditargetkan.

2. Milikilah motivasi yang "wow" dan selalu bersemangat
Ini sangat penting, motivasi awal Anda kuliah adalah kuncinya. Biasanya kalau masih Maba itu mau mencoba hal-hal baru alias selalu penasaran. Alangkah baiknya jika bisa kita arahkan yang sesuai dengan passion dan kemampuan kita. Motivasi "wow" ini juga menjadi kunci untuk mengambil start Indeks Prestasi maksimal (cumlaude). Selain itu, bersemangatlah dalam hari-hari kuliah.


3. Manajemen waktu ? Harus !
Kegiatan kampus, mulai dari kuliah di kelas, organisasi, penelitian, pengabdian masyarakat, dan yang lain sebagainya pasti akan menguras waktu Anda. So, perlu sekiranya kita memasang jadwal di kamar, membuat note kecil yang menjadi jadwal harian dan bisa dimasukkan ke saku. Biasanya saya menulis apa yang saya lakukan mulai pagi hari-pulang di selembar kertas kecil. Ini sangat simpel namun manfaatnya besar bung :D Mengapa ? Tujuan manajemen waktu ya tentu agar waktu kita lebih efektif dan badan tetap fit !

4. Aktiflah dan cobalah hal baru yang positif
Kunci mahasiswa berpretasi adalah aktif, baik dari segi akademik dan nonakademik. Mengapa ? Selain cerdas secara intelektual, perlu adanya skill yang dimiliki mahasiswa sebagai sarana penguat diri. Aktiflah dalam kegiatan-kegiatan yang sesuai bakat dan minat, itu lebih utama dan cobalah hal-hal positif seperti ikut organisasi, baca buku, menulis, penelitian, dan lain-lain untuk mengembangkan kepribadian kita.



5. Pasang target-eksekusi-share ke yang lain
Rencanakan targe-target pribadi dari yang paling kecil sampai yang terbesar. Mulailah dari langkah kecil dan laksanakanlah, share kan atau bagikan kemanfaatan dari ilmu yang didapat ke orang lain agar lebih berguna dan barokah.

 

Kelima bekal di atas baru sebagian kecil bekal yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru. Sudah ada target mulai sekarang ? Selamat berkarya di dunia kampus :-)

Yogyakarta State University, 27th August 2013


   
Selamat datang mahasiswa baru UNY 2013 di kampus pendidikan :-)
TAQWA, MANDIRI, CENDEKIA

4 komentar:

  1. subhanallah walhamdulillah, bersyukur saya menemukan blog ini. terima kasih banyak mas Janu, isi blognya bermanfaat skali :) kalau mas Janu berkenan, bolehkah saya tanya2 ttg UNY? nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bisa bersua melalui media ini, semoga tulisan saya yg sederhana ini bermanfaat. Iya mbak dian, tentu saya siap jika perlu info2 UNY. Terimakasih sudah follow :)

      Hapus
    2. kembali kasih mas :) mhon maaf, jika mas Janu berkenan kepareng saya nyuwun alamat e-mail mas Janu saja? saya rasa akan lebih leluasa saya bertanya panjang lebar. hehe, terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
    3. nggih, ini email saya janu.muhammad2@gmail.com .terimakasih :)

      Hapus