Ged a Widget

Jumat, 30 Agustus 2013

Kisah Perjalanan Pertama "Student Volunteer UNY" Tahun 2013

Assalaamu'alaikum,

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Alhamdulillah, segala puji syukur hanya kepada Allah Ta'ala. Sholawat semoga tersampaikan kepada Rasulullah beserta umatnya hingga hari kiamat. Jadi ceritanya begini kawan-kawan, boleh ya saya mengulas aktivitas akhir-akhir ini dan sampai hari ini. Sesuai dengan judul postingan ini, saya akan berbagi kisah perjalanan saya menjadi Student Volunteer UNY 2013. 
Senin, 26 Agustus 2013 menjadi awal saya untuk bergabung di Tutor UNY setelah sebelumnya saya dinyatakan lolos 70 besar dari total 170 pendaftar. Saya dan teman-teman mengikuti pelatihan di FBS dari tanggal 19-21 Agustus 2013. Materi-materi seperti Cross Culture Understanding, tentang seluk beluk Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) menjadi santapan selama tiga hari. Bahkan, pada hari terakhir diadakan presentasi project. Saya membulatkan tekad untuk memilih Tutor Student Volunteer (SV) dan tidak memilih Tutor Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Mengapa ? Sudah menjadi niat saya sejak awal agar bisa bermanfaat untuk UNY, terutama dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswa asing.




Minggu, 25 Agustus 2013 menjadi hari penuh keharuan, kebahagiaan, sekaligus kekhawatiran. Saya terharu karena terpilih menjadi 15 besar Tim Tutor SV, bahagia karena terbuka kesempatan untuk mencoba peluang yang menantang ini, dan khawatir apakah saya bisa konsisten menjalani semua ini selama satu tahun. Alhamdulillah, segala puji syukur tak henti-hentinya saya panjatkan kepada Allah. Sebagai catatan saya, Allah telah membuka jalan agar saya bisa lebih bermanfaat bagi sesama, dan ternyata belum rejekinya untuk bisa tembus PKM sampai saat ini, sudah takdir apa ya ? :-)

Hari Senin, 26 Agustus 2013 PKl 10.00 WIB saya mendapat undangan untuk rapat perdana di KUIK. Dengan semangat 45 ditambah gelora muda membahana (lebai) saya bertemu dengan teman-teman satu tim. Ada Abie, Astrid, Adi, Ayu, Mas Martono, Melati, Nana, Ratih, Nining, Wahyu, Ratih, Sandra, Sarah, Wanda, dan Yolanda. Selain itu, ada tutor yang sudah senior juga, seperti mas Alfa (pakai kacamata) dan Mbak Anis (ibunya tutor hehe). Kita koordinasi pertama daannn apa yang terjadi ? Mengapa kalian menunjuk saya sebagai koordinator ? :-) Saya tidak terlalu mengerti alasannya juga :3

Lalu, kami membahasi penyambutan untuk mahasiswa Chiang Mai University dari Thailand yang mau study visit dari tanggal 28 Agustus 2013-6 September 2013. Mari kita bayangkan betapa mepetnya acara itu. Memang prinsip menjadi tutor itu harus UU-MPC (Ujug-ujug Mboh Piye Carane) atau dalam bahasa Indonesia adalah "Tiba-tiba-Entah Bagaimana Caranya". Selalu ada agenda yang tidak terduga dan kita sebagai tutor harus ready 24 jam teman :-)



Selasa, 27 Agustus 2013 saya melanjutkan aktivitas kampus. Untuk Tutor SV tidak ada pertemuan. Nah, hari Rabu 28 Agustus 2013 sekitar Pkl 13.00 WIB ada rapat dadakan untuk persiapan arrival CMU. Kebetulan untuk penjemputan di Bandara Adisutjibto nanti ada saya, Wahyu, Astrid, dan Nining serta ada mas Aji dan Mas Imam. Kita membahas agenda yang super padat merayap namun akan sangat berkesan sebagai pengalaman pertama kami. Pada malam harinya, saya menemui kawan-kawan di lobi hotel UNY (hotel yang di dekat UNY itu lho). Jarang-jarang deh saya bisa nebeng ke sini dan duduk di sofa empuk yang lembut (selembut hatiku) :3

Arrival time dijadwalkan Pkl 21.00 WIB namun ternyata setelah kami sampai bandara naik bis UNY, pesawat delayed untuk 1 jam dan kami menunggu lumayan lama. Tapi memang pengalaman berkesan karena pengin cepat-cepat melihat muka orang Thailand sebagai tamu kami :-) hehe. Akhirnya, 30 mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa putra dan 25 mahasiswa putri serta 4 dosen telah tiba di bandara. Alhamdulillah...mereka selamat, kesan mereka 'the flight is too lately' sabar yaaa... Beberapa menit kemudian, kami akhirnya sampai di hotel UNY. Di sana sudah ada mas Alfa yang stand by dan menyiapkan hotel. Malam itu pengalaman pertama saya jadi tutor, sekali lagi alhamdulillah. Saya bersyukur bisa bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa Thai, agar saya bisa termotivasi dan terlatih berbahasa Inggris. Ternyata mereka sudah bisa bahasa Inggris (mirip orang Indonesia) dan sedikit-sedikit bisa bahasa Indonesia, subhanallah yah... Setelah makan malam dengan Yog*a Chicken dan porsinya jumbo (dua ayam) akhirnya kenyang deh ini perut (terimakasih sudah dapat gratis), terimakasih KUIK :3 Saya pun diberi mas Alfa satu box lagi untuk dimakan di rumah. Sesampainya di rumah saya berikan ke adek dan untuk sarapan lagi.

Pagi harinya, Kamis 29 Agustus 2013 adalah hari kedua kawan-kawan CMU di Jogja. Selamat datang di Jogja ! Pagi itu agenda pertamanya adalah Campus Tour. Kami para volunteer ada briefing dulu di KUIK, wah ternyata Nining sarapan pakai ayam tadi malam :3 hehe. Setelah itu, capcus yang tadi malam jemput masih lanjut ikut Campus Tour bersama tutor lainnya. Kami menjemput mereka di hotel UNY. Pagi itu mereka sangat berbinar-binar, kulitnya putih-putih, bahkan yang putra, apa mereka memakai hand body tiap hari ya ? Sudah, fokus pembahasan lagi. Dimulai dengan doa dan  kami mulai tour ke FE-FIS-FT-FBS-FIK-FMIPA-FIP meski hanya sekilas. Tidak lupa kami mengajak teman-teman ke Museum Pendidikan Indonesia (MPI) dan ikut senang ya, mereka asik mainan dakon, gasingan, dan bekel. Ketawa-ketawa semua (padahal menurut saya ya biasa-biasa saja kok). Kultur yang berbeda dari Indo-Thai kini menjadi satu dalam suasana penuh persahabatan ini.

Setelah dirasa puas, kami menuju ke selatan MPI dan tidak lupa ambil gambar (baca : poto). Sekitar Pkl 10.30 WIB kami menuju ke Ruang Sidang Utama Rektorat untuk mengikuti welcoming ceremony. Ya, sangat berkesan sekali, apalagi saat "First" teman Thai saya perform membawa lagu Celin Dion (just for this moment). Welcoming ceremony diakhiri dengan makan siang, dan ini menjadi sebuah nikmat tersendiri kami para new volunteer bisa melihat mereka merasakan masakan khas Indo, ada nasi-sop-mie goreng-dan lainnya. Kami juga diberi kesempatan untuk menyantap hidangan yang tersaji (tinggal ambil)...alhamdulillah



Lalu, siang harinya saya berpisah dengan teman-teman CMU dan gantian tutor lain yang mendampingi untuk Yogyakarta City Tour. Mereka berkeliling ke UGM-Tugu Jogja-Malioboro-Krator,dll hanya di dalam bis (sight seeing). Sore harinya rombongan kembali ke hotel dan beristirahat.

Jumat, 30 Agustus 2013 menjadi hari bahagia untuk kami. Para mahasiswa CMU pagi tadi mengikuti kelas Bahasa Indonesia. Jujur ya, sebagian dari mereka ternyata sudah mahir bahasa Indonesia lho. Setelah itu ada tutorial dengan para tutor BIPA dan siangnya....ke Merapi Volcano. Pengalaman yang sangat berkesan bagi mereka karena bisa melihat Gunung Merapi dari jarak dekat, melihat rumah yang terkubur material erupsi Merapi tahun 2010 dan melihat pemukiman baru yang disediakan pemerintah setempat. Alhamdulillah, saya melihat mahasiswa maupun dosen enjoy dengan tour ke Merapi persembahan FIS-Pendidikan Geografi ini. Saya tak lupa mengajak kawan saya Pebri, Tri, dan Lenny untuk memandu. Ada Bu Hastuti, mas Arif, Pak Heru, dan Mbak Fira juga yang ikut. Kami pulang menjelang Maghrib dan ikut senang bisa melihat mereka mengenal lebih dekat Jogja. Untuk hari besok ? Sabtu dan Minggu dijadwalkan akan ke Nglanggeran, ke gunung api purba, mereka akan nge-camp di sana, pergi ke pantai, outbond, dll.

Selamat menikmati akhir pekan di Gunung Kidul :-)

Sekian perjalanan pertama di SV sampai hari ini, insyaAllah ceritanya bersambung ya :-)

Wassalaamu'alaikum...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar