Ged a Widget

Sabtu, 20 April 2013

Ini Usulan Saya untuk SDP FIS UNY 2013


USULAN KONSEP STUDENT DEVELOPMENT PROGRAM PENELITIAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
oleh :
Janu Muhammad
Ketua SDP Penelitian FIS 2012/Kadept PPSI UKMF Penelitian SCREEN 2013
E-mail : janu.muhammad2@gmail.com


A.    PENDAHULUAN
Mahasiswa merupakan aset bangsa yang memiliki banyak potensi. Berbagai potensi, minat, dan bakat mahasiswa perlu untuk dikembangkan dan diwadahi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta sebagai sebuah bagian dari UNY perlu memberikan wadah pengembangan potensi mahasiswa baru setiap tahunnya. Program atau wadah tersebut harapannya bisa menjadi sarana untuk mengetahui potensi penelitian, leadership, entrepreneurship, dan jurnalistik dari setiap mahasiswa. Untuk itu, Student Dvelopment Program (SDP) merupakan sebuah formulasi tepat yang bias dijadikan program wajib bagi setiap mahasiswa baru pada awal masuk atau masa OSPEK.
Pelaksanaan SDP di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial perlu mendapat perhatian khusus, terlebih pada kebijakan pemberlakuannya, sampai pada pengalokasian dana. SDP yang terdiri dari 3mpat bidang meliputi : Penelitian, Kepemimpinan, Kewirausahaan, dan Kepenulisan perlu mendapat perhatian serius dari jajaran dekanat agar pada setiap pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancer dan menghasilkan karya nyata bagi Fakultas Ilmu Sosial. Untuk itu, melalui sedikit konsep ini saya ingin menyampaikan rencana pelaksanaan SDP, khususnya SDP Penelitian di FIS UNY.

B.     KONSEP DAN RENCANA
Pada pelaksanaan SDP 2012, saya Janu Muhammad telah berupaya maksimal dalam melaksanakan program ini. SDP FIS 2012 setidaknya sudah menghasilkan MoU dari 4 perwakilan penanggung jawab SDP di FIS UNY, yaitu SDP Penelitian (Janu/SCREEN), Kepemimpinan (Eka/BEM FIS), Jurnalistik (Ipung/BEM FIS), dan Kewirausahaan (Aditya/BEM FIS). Kesepakatan tersebut menjadi bukti pelaksanaan SDP FIS 2012 yang meliputi peraturan peserta, pelaksanaa, pendanaan, sampai kelulusan. Dengan kata lain, kami berempat telah berupaya menjadikan SDP 2012 lebih baik dari tahun 2011, dari segi administrasi dan lainnya. Namun, beberapa kendala masih kami hadapi, antara lain :
1.      Belum adanya Surat Keputusan dari dekanat untuk mewajibkan SDP ini bagi setiap maba FIS maupun mahasiswa yang belum lulus SDP pada tahun sebelumnya.
2.      Belum adanya alokasi dana dari fakultas untuk mendukung program SDP.
3.      Tingginya minat mahasiswa baru belum didukung dengan dukungan materiil dari dekanat.
4.      Pembagian PJ SDP yang perlu dievaluasi, sebagai catatan : BEM FIS pada saat itu lebih banyak mengurus kegiatan OSPEK, sehingga SDM untuk menghandle SDP minim. Berbeda dengan SCREEN yang memang ranahnya di Penelitian sudah ada panitia khusus yang menangani.
5.      Alur SDP yang belum jelas dan belum tegas.
6.      dan lain sebagainya
Mengingat pentingnya SDP untuk meningkatkan soft skill mahasiswa baru agar bias menjadi mahasiswa yang produktif berkarya dan aktif di dunia kampus, perlu sekiranya kita pikirkan dan evaluasi untuk SDP FIS 2013. Rekomendasi yang ingin saya sampaikan yaitu :
1.      Perlu adanya Surat Keputusan resmi dari Dekan FIS untuk meWAJIBkan setiap Maba 2013 mengikuti satu dari emapat SDP yang tersedia.
2.      Perlu adanya alokasi dana dari dekanat untuk mendukung penyelenggaraan SDP ini (dana bukan berasal dari anggaran UKMF/BEM) namun berasal dari dana khusus untuk pengembangan soft skill mahasiswa.
3.      Perlu adanya peraturan yang mengatur mekanisme dan alur SDP, termasuk segala ketentuannya yang merupakan kesepakatan antara BEM, UKMF SCREEN, maupun jajaran dekanat.
4.      Perlu adanya pembagian PJ SDP secara khusus, misalnya di sini UKMF Penelitian SCREEN adalah PJ SDP Penelitian, UKMF Al Islah di SDP Kewirausahaan, dan BEM FIS bias di SDP Kepemimpinan dan Jurnalistik.
5.      Perlu dibentuk struktur kepanitiaan SDP yang jelas sejak awal semester genap atau kepengurusan, jangan mendadap mendekati OSPEK.
6.      Perlunya komunikasi antara mahasiswa, dosen,dan dekanat bahwa sifat SDP itu wajib dan harus menjadi SYARAT pengambilan sertifikan OSPEK (seperti di FE yang suda memberlakukan peraturan ini).
7.      Dan lain-lain

SDP PENELITIAN
SDP Penelitian merupakan program bagi pengembangan potensi mahasiswa FIS yang minat dalam bidang penelitian dan penalaran. Secara umum, SDP ini diamanahkan ke UKMF Penelitian SCREEN yang memang sudah sesuai dengan bidangnya. Konsep dari SDP Penelitian 2012 saya rasa sudah bisa lebih baik karena kegiatan yang dilaksanakan dirancang edukatif dan produktif. Untuk pelaksanaan pada tahun 2013, konsepnya adalah sebagai berikut :

1.    Pendataan dan Sosialisasi SDP di FIS Center
Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Pancasila. Panitia SDP bersama dengan panitia OSPEK bekerja sama dalam pendataan mahasiswa yang wajib memilih SATU SDP. Sosialisasi SDP dilakukan pada Technical Meeting OSPEK agar bias dipastikan para mahasiswa sudah memilih SDP yang tepat.

2.    Sosialisasi SDP pada OSPEK FIS UNY 2013
Kegiatan ini berupa diskusi SDP, masing-masing SDP mengirimkan perwakilan mahasiswa/pembicara di depan maba untuk lebih mengenal SDP yang mereka pilih. Tujuannya adalah agar para mahasiswa benar-benar paham manfaat SDP dan mantap dalam memilihnya.


3.    Kapita Selekta
Merupakan kegiatan pertemuan mahasiswa dari masing-masing SDP yang dipilih. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan mahasiswa sesuai pilihan SDP nya. Kegiatan ini dirasa sangat efektif untuk memfollow up sosialisasi pada saat OSPEK. Pada kesempatan ini, SDP Penelitian bias menghadirkan pembicara dari kalangan dosen ataupun mahasiswa berpretasi.

4.    Seminar Penelitian Forum Berlima
Merupakan seminar penelitian yang diikuti oleh seluruh Maba UNY yang memilih SDP Penelitian. Kegiatan ini bekerja sama dengan UKM Penelitian UNY bersama UKMF Penelitian dari masing-masing fakultas. Melalu kegiatan ini, mahasiswa dikenalkan pentingnya penelitian dan berkarya tulis ilmiah.

5.    Jelajah SCREEN (Jelscreen)
Merupakan kegiatan eksplorasi ilmiah yang wajib diikuti oleh peserta SDP Penelitian FIS UNY. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan ide-ide kreatif mahasiswa. Untuk konsep Jelscreen 2013 saya rekomendasikan seperti halnya 2012 atau perlu ditambah kreativitas panitia. Rangkaian Jelsreen berupa : eksplorasi objek/daerah, wawancara, diskusi kelompok, dan presentasi ranvangan karya.

6.    Short Paper Contest
Sebagai hasil follow up Jelscreen, SPC menjadi ajang lomba karya tulis peserta SDP Penelitian FIS agar tumbuh jiwa-jiwa kompetitif mahasiswa. Ide-ide atau gagasan yang diperoleh dari Jelscreen bias dituangkan dalam SPC dan wajib dikumpulkan ke SCREEN. Output dari SPC adalah karya tulis ilmiah dab jurnal penelitian mahasiswa. Sepuluh besar tim akan mempresentasikan karyanya di depan juri sebagai latihan dalam menghadapi kompetisi karya tulis yang ada.


7.    Jurnal Ilmiah SDP Penelitian
Pada pelaksanaan SDP Penelitian 2012 telah dihasilkan karya/paper yang merupakan hasil akhir kegiatan SPC. Untuk tahun 2013, perlu ditambah rangkaiannya berupa penerbitan jurnal ilmiah sebagai apresiasi hasil penelitian mahasiswa baru FIS UNY 2013. Tentunya hanya karya-karya terbaiklah yang bisa dijurnalkan dengan kerja sama SCREEN dan dekanat FIS.

ALUR SDP PENELITIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar