Ged a Widget

Senin, 07 Januari 2013

Hari Esok Sudah Kepala Dua

Ceritanya besok tanggal 7 J anuari 2013 usia saya menjadi 20 tahun, usianya yang sudah berkepala 2. Saat ini, Pkl 22.28 saya masih berusia 19 tahun. Rasanya belum banya yang bisa saya lakukan di tahun 2012 kemarin, atau di usia 19 tahun ini. Namun, semua harus tetap disyukuri karena ini jalan Allah membimbing saya menuju saat ini.

Ceritanya hari esok sudah kepala dua,

Januari tahun lalu, saya masih mahasiswa semester 1, masih mahasiswa lugu (seperti sekarang) yang belum tahu mendalam siapa itu mahasiswa. Bulan Januari tahun 2012 lalu saya juga melaksanakan UAS pertama kali di bangku kuliah, saat itu juga uji nyali menjadi calon guru.

Februari, saat di mana saya mendapat IPK pertama. Saat dimana berita gembira itu datang, ternyata sangat awam sekali saya dengan namanya IPK. Saat bulan Februari itu juga saya menanti hadirnya semester 2, saat bergabung bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi UNY dan UKMF Penelitian Screen. 

Bulan Maret, tidak telalu banyak yang saya ingat. Yang jelas saya saat itu adalah awal-awal semester 2. Saat di mana tugas dan praktikum telah di depan mata, mulai dari kartografi, dan lain-lain.

Bulan April, bulan dengan tugas yang semakin jelas. Rutinitas kampus ternyata memaksa saya untuk berbagi tenaga, antara satu amanh ke amanah lain. Antara SMADA YOGYAKARTA, UKMF Penelitian Screen, dan HMPG. Ya, amanah organisasi mulai muncul dari sana-sini. Bulan ini juga saya mendapat amanah besar yang tak tanggung-tanggung, menjadi ketua kegiatan nasional, Semarak Geografi Tingkat Nasional 2012.

Bulan Mei, ada yang bilang bulan dengan klimaks tugas kampus maupun tugas lain. Waktu saya untuk berkarya sangat tersendat, hingga menulis pun terabaikan.

Bulan Juni, bulan persiapan KKL#1 Geografi, bulan persiapan Semarak Geografi, sempat saya stres dan fisik down akibat banyak pikiran. Bulan ini juga semua agenda utama harus disiapkan, mulai dari UAS, KKL, SG2012, SDP Penelitian FIS, dan lain-lain. Allah menguji saya untuk kuat dan bersabar.

Bulan Juli, bulan yang penuh dengan keseriusan.

Bulan Agustus, bulan dengan kesibukan Semester Khusus (banyak membolos), bulan dengan kecemburuan yang melanda. 

Antara Semarak Geografi-SDP Penelitian FIS, akibatnya saya sering tidak masuk kuliah SP.

September, pengiriman surat-surat Semarak Geografi ke sekolah2 di tanah air, bulan yang masih sibuk sampai tenaga melemah.

Bulan Oktober, bulan campur aduk. Antara ujian, amanah, dan keluarga. Pada bulan ini pula keluarga saya mendapat musibah, Pakdhe saya meninggal, sekita H-3 menjelang Event Nasional Semarak Geografi. Masih ingat di kepala, saat-saat harus menangis menerima semua ini.

Tanggal 20 Oktober 2012, agenda yang saya siapkan sekitar 6 bulan akhirnya mendapat vonis. Alhamdulillah, semua berkat Allah saya bisa tegar dan berhasil melaksanakan acara itu. 

Bulan November, bulan refleksi diri setelah segala amanah satu per satu terlaksana. Pada bulan ini pula saya mulai produktif menulis blog, esai, karya tulis. Saya bebaskan tangan ini untuk menulis dan mata ini untuk membaca. Sudah banyak waktu yang terpakai untuk organisasi, sangat sedikit untuk melahap ilmu.

Bulan Desember, bulan pendewasaan dan bulan perenungan. Bulan ini menjadi tolak ukur untuk saya menata masa depan. Pada bulan ini pula tekad kuat untuk mempersiapkan masa depan tertuang dalam peta hidup. 

S-1 UNY --> S-2 Belanda bulan Desember menjadi waktu untuk bercermin diri dan mencoba hal-hal baru. Saat-saat di mana saya bisa ikut YERT 2012 di Temanggung, kenal yang namanya pendidikan bagi Indonesia. Bulan itu penuh motivasi untuk mengembangkan potensi diri. Desember pula saya dan tim dari UNY rencana akan ke Thailand, meski belum terkabul.


Human Geographi di University of Amsterdam, Radboud University Nijmegen, dan Utrecht University menjadi target saya 2015.

Sampai tanggal 6 ini, saya merencanakan tahun 2013 ini bisa ikut Summer School ke Eropa. aamiin

Ternyata sekarang sekitar sejam lagi usia saya akan 20 tahun. Refleksi kisah saya, target usia 20 tahun ini saya akan :

1. Perbanyak Ngaji Sunnah, ngaji tanpa embel-embel partai atau sejenisnya
2. Ngaji Al Quran dan hafalan 2 juz
3. Banyak belajar rajin agar pinter (kata ibuk)
4. Perbanyak baca buku dan ke perpus
5. NULIS esai, karya ilmiah, PKM, blogging
6. IPK 3,8
7. Sukses UAS dengan JUJUR
8. Kurangi organisasi, tingkatkan PRESTASI
9. Disiplin masuk kuliah, nggak telatan
10. Bisa ngajar les privat anak SD
11. Les TOEFL dan Inggris, sejenisnya
12. Mencalonkan Mapres UNY
13. Dapat anugerah mahasiswa
14. Sukses untuk adekku, Isti Rahayu ketrima di SMP N 1 Sleman
15. Bapak, ibu semuanya sehat wal'afiat
16. Lebih dewasa dan lebih paham akan hidup, perbanyak bersyukur.
17. dll

#refleksidiri untuk tahun ini insyaAllah jadi Tahun berPRESTASI, segala prestasi, semoga Allah memudahkannya.aamiin :)

2014-> skripsi ->S-2 Belanda

@Kamar Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar