Ged a Widget

Kamis, 06 Desember 2012

Romantika Bunga Tulip

TAMAN BUNGA KEUKENHOF
12983698811072600320
1298370001784630126
12983705561596588968
Untuk lebih lengkapnya,anda dapat membuka link dibawah ini, memuat lebih jelas foto-fotto tentang Keukenhof Garden ;
http://www.viator.com/tours/Amsterdam/Keukenhof-Gardens-and-Tulip-Fields-Tour-from-Amsterdam/d525-2550LIN12A

Apa kabar kawan-kawan ? Semoga Anda dalam keadaan sehat dalam beraktivitas. Berhubung saya punya satu mimpi besar untuk studi di Belanda (insyaAllah), ada hal menarik ketika nanti kita berada di sana. Teman-teman saya kira sudah tahu... It is about tulip :D Artikel ini saya share dari : http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/02/17/romantika-tulip-di-bulan-februari/

Berdasarkan fakta sejarah, bunga Tulip bukan berasal dari negeri Belanda, tapi dari Persia dan Turki. Nama Tulip itu berasal dari bahasa Persia , Turban ,yang artinya Sorban. Pada mulanya Tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat.

Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga Tulip dan mulai membudidayakan bunga Tulip sejak tahun 1000. Kekhalifahan Islam Ustmaniyah, terutama pada masa pemerintahan Sultan Ahmed III ( 1703 – 1730 ), disebut-sebut sebagai Era Bunga Tulip buktinya motif bunga Tulip sudah ada sejak lama dipakai dalama seni ornament Persia dan Turki karena tanaman ini memiliki peranan penting dalam kebudayaan Turki .Tanaman cantik ini dikembangkan secara intensif, dan,berada dibawah pengawasan ketat abdi Istana Kerajaan Ottoman. 
Pada masa itu, Istana Sultan memiliki Dewan khusus yang bertugas untuk membudidayakan bunga-bunga itu. Dewan itu dipimpin oleh seorang Turki Yang juga menjadi kepala perangkai bunga istana. Tugas dari hamba ini adalah, memberikan penilaian pada kualitas berbagai jenis bunga Tulip dan memberikan nama-nama yang indah dan puitis bagi bunga-bunga itu . Antara lain; Those that Burn The Heart, Matchless Pearl ,Rose of Colored Glass, Increase of Joy, Big Scarlet, Star of Felicity , Diamond Envy , Light of Mina ..
Hanya bunga-bunga yang memiliki kualitas sempurna yang dimasukkan dalam daftar jenis-jenis tulip tersebut. Yaitu bungan Tulip yang memiliki standard dari ukuran tinggi, dan kerampingan kelopak bunganya , bentuk helaiannya sempit . Helaian kelopaknya harus halus tetapi kuat .satu warna , ukuran lebar dan panjangnya pas.
Tidak diketahui kapan persisnya negri kincir angin ini mulai membudidayakan bunga Tulip. Tapi sekitar tahun 1550, bunga Tulip dibawa masuk ke Belanda oleh kapal-kapal yang berasal dari Istambul. Tap,berdasarkan catatan resmi , bunga Tulip diperkenalkan oleh seorang biologist terkenal dari Vienna , Austria bernama Carolus Clusius . Pada Tahun 1590 , Carolus Clucius diangkat menjadi direktur dari Hortus Botanicus, Taman Botanical paling tua di negeri Belanda , LeidenCarolus Clusius dipekerjakan oleh Universitas Leiden untuk meneliti tanaman obat-obatan , dan di masa dia menjalani pekerjaannya,Carolus mendapat hadiah dari sahabatnya, Oggier de Busbecq. Duta Besar Contantinopel ,beberapa kuntum bunga Tulip untuk ditanam di Leiden , dan akhirnya berkembang sampai sekarang menjadi pusat pariwisata .

Memasuki abad 17 , Tulip mulai dipergunakam sebagai tanaman hias juga untuk bahan baku obat-obatan untuk keperluan medis .. Tapi lama kelamaan popularitas Tulip semakin memuncak . Dan menjadi komoditi yang berharga serta status simbol kemewahan .Buktinya terjadi euphoria Tulipomania atau Tulip Mania , dimana kegilaan terhadap bunga ini, membuat orang-orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan bunga Tulip paling indah atau terjun di dalam bisnis bunga ini.Karena mudah untuk mendapatkan laba dan beresiko kecil.

Semua anggota lapisan masyarakat turut serta dalam kegiatan perdagangan bunga ini, dari rakyat biasa sampai bangsawan . Mereka menjual harta milik mereka untuk turut berspekulasi dalam bisnis ini, dari rumah, tanah, ternak , mas kawin , serta barang berharga lainnya..Dan pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Para ahli tanaman juga secara aktif ,manyilangkan dan menciptakan jenis-jenis dan varietas baru / hybrith yang bentuknya semakin lama semakin cantik dan variatif . Kemudian Tulip dikelompokkan menjadi empat kelompok , yaitu ; Couleren, ( satu warna , seperi merah, putih, kuning ) ,Rosen ( beraneka warna , merah dan pink dengan dasar putih ) , Violetten ( ungu atau lila dengan dasar putih ) , Bizarden ( merah ,cokelat , ataw ungu dengan dasar kuning ) . Tapi yang paling banyak diminati pada masa Tulip Mania itu adalah bunga Tulip dengan motif , sepeti cipratan kuas atau jilatan api , 

Kenapa bunga Tulip bisa memiliki corak seperti ini ? Hal ini diakibatkan oleh infeksi virus mosaik yang dibawa oleh sejenis serangga kutu dari tanaman kentang dan persik. Walaupun menjadikan corak warna tulip cantik dan menawan, tanaman ini menderita dan akan mati perlahan-lahan. Dan di masa yang sekaran ini, virus itu sudah musnah dan jenis yang sekarang ini, walau hampir sama rupanya, tapi secara genetis sudah stabil.
Kegilaan orang-orang dalam perdagangan bunga Tulip sudah mecapai taraf yang tidak wajar, Bahkan mereka rela menukar tanah seluas 12 acres ( 5 ha) untuk dua kuntum Semper Augustus atau jenis Viceroy , satu kuntumnya dihargai 2500 florins ., contoh lain lagi , mereka rela menukar rumah mereka dengan bunga ini !!! Berarti , Harga Rumah / Property = Harga sekuntum atau beberapa kuntum bunga..
Rekor terbesar diraih adalah 40 kuntum bunga dibeli seharga 100.000 florins.( mata uang Gulden Belanda ) Hal ini tidak masuk akal, karena bisa berkali –kali lipat dari gaji pegawai selama setahun , yakni 150 florins .Jikalau ada satu keluarga yang mampu membeli Tulip lebih dari satu kuntum, mereka sudah melakukan persiapan , dengan membeli Vas Piramida sebelumnya. Jadi bunga itu akan disusun satu persatu secara vertikal dalam vas ,dan bukan dimasukkan dalam jambangan begitu saja .Vas ini sangat populer di Belanda,Inggris, Perancis , Jerman dan dibuat dari keramik Cina atau porselin .
Pemerintahan Belanda menyebut demam bunga Tulip ini sebagai FenomenaWind Trade, , jadi dalam proses jual beli nya , diatur dalam sistem kontrak. , yang memiliki aturan khusus dalam menjual, membeli dan menyimpan bunga Tulip. Sayangnya Tulip Mania hanya berlangsung setahun , dari tahun 1636 -1637 . Pada akhirnya harga Tulip jatuh , karena tidak ada lagi orang yang mau membayar dengan harga yang lebih tinggi, apa lagi sejak bunga Hyacinth masuk , dan menjadi idola sebagai bunga hias berikutnya , tentunya dengan harga yang mahal juga .Akibatnya harga Tulip jatuh. Ditambah lagi dengan mereka yang sudah menandatangani kotrak bunga Tulip, ketika harga bunga ini jatuh,Mereka menderita kerugian karena harga bunga di kontrak sepuluh kali lipat lebih mahal dari pasar terbuka . Maka orang-orang yang menjalankan produk ini merasa ditipu dan saling menuduh satu sama lain . Sampai-sampai seorang pelukis Belanda,membuat lukisan dengan judul Satire of Tulip Mania yang menggambarkan tentang keserakahan umat manusia
Deman Tulip mania ini memang tidak menggocangkan perekonomian di negri Belanda, tapi tetap saja hal ini memalukan , karena orang rela menukar barang berharga milik mereka atau membayar dengan mahal untuk mendapatkan tulip . Di sisi sejarah lainnya , Setiap tahunnya pemerintahan Belanda mengirimkan bunga Tulip untuk ditaman di kota Ottawa, sebagai tanda terima kasih kepada Kanada yang membebaskan Belanda dari Nazi Jerman dan sewaktu zaman pendudukan , bermurah hati menyediakan tempat bermukim Putri Mahkota, Ratu Juliana , yang di waktu itu masih remaja .Demikian sisi sejarah mengenai bunga Tulip ,
Namun masih ada beberapa sisi menarik lainnya ,Tulip diketahui memiliki khasiat di bidang medis / sebagai bahan obat-obatan , krena bisa digunakan untuk mengobati penderita anemia , memar,kepekatan darah tidak normal, stagnasi darah , kanker darah, tekanan darah tinggi dan darah rendah ,pendarahan di dalam , gangguan sirkulasi darah , sakit punggung, parasit dalam darah ( pada bunga tulip merah ) .
Bunga Tulip juga memiliki arti warna , jadi ini bisa menjadi pertimbangan bila kita mau memberi hadiah Tulip kepada orang lain ;

Arti bunga Tulip - tulip Umum
Tulip umum adalah simbol dari kekasih sempurna dan, jelas, lambang bunga Belanda. Mengapa tulip umum adalah seperti symbol? Bukan pikiran atau imaginasi sebagai suatu jawaban, itu merupakan sifat Freudian. Ya, tulip melambangkan lingga, dengan demikian menjadi simbol dari kekasih yang sempurna. Hal ini tidak bisa lebih jelas dari itu.
Arti bunga Tulip - tulip Merah
Tulip
merah lebih dari jenis pertanyaan simbol yang baik berarti bahwa penerima harus percaya pada pemberi atau merupakan deklarasi yang cinta ke penerima. Selama era Victoria, ketika bahasa bunga mencapai puncaknya dalam popularitas, orang berhak menjawab dengan mengambil bunga dengan tangan kiri, kanan untuk respon positif dan kiri untuk negatif
Arti bunga Tulip - tulip Kuning
Sebuah
tulip kuning hanya berarti ada sinar matahari dalam senyum Andayang dengan sendirinya berarti bahwa senyum Anda, penerima tersenyum, mencerahkan hari semua orang di sekitarnya atau dia. Tulip kuning sangat cocok untuk rekan kerja atau orang yang Anda merasa membuat perbedaan tetapi anda tidak tahu dengan baik. Arti bunga tulip kuning hanyalah sebuah pujian diskrit, tidak lebih dan tidak kurang.
Arti bunga Tulip - tulip beraneka ragam
 
Memberikan
tulip beraneka warna untuk seseorang adalah bersifat lebih pribadi karena itu berarti Anda memiliki mata yang indah“, mungkin bukan pesan yang ingin Anda kirim ke rekan kerja Anda atau seseorang yang Anda hanya kebetulan tahu. The tulip beraneka ragam merupakan pujian yang sangat bagus dan harus diperlakukan seperti itu

Jenis-jenis tulip kebun

Ada sekitar seratus jenis tulip yang sering ditanam di kebun. Jika dilihat dari daun mahkota, tulip ada yang memiliki daun mahkota yang tidak terbuka sewaktu mekar (masih seperti menguncup), daun mahkota yang terbuka lebar sewaktu mekar, pinggiran daun mahkota yang melengkung, dan pinggiran daun mahkota yang runcing. Jika dilihat dari waktu berbunga tulip digolongkan menjadi:

Tulip yang berbunga lebih awal

  • Single Early (daun mahkota selapis, berbunga lebih awal)
Bunga hanya mempunyai 6 daun mahkota. Berbunga di awal April. Jenis ini merupakan keturunan dari jenis ‘Duke Van Thol’. Tanaman cenderung pendek, tinggi tanaman sekitar 20-30 cm. Contoh: ‘Apricot Beauty’ dan ‘Christmas Dream.’
  • Double Early (daun mahkota berlapis, berbunga lebih awal)
Bunga mempunyai lebih dari 6 daun mahkota tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan jenis Double Late. Tinggi tanaman sekitar 20-30 cm. Bunga tahan lama dan batangnya kuat. Berbunga di awal April. Jenis ini merupakan keturunan dari tulip ‘Murillo’ dengan bunga berwarna putih, terdiri dari 120 kultivar. Contoh: ‘Peach Blossom’ dan ‘Monte Carlo.’
  • Kaufmaniana
Jenis yang dikembangkan dari spesies Tulipa kaufmanniana asal Turkestan. Tulip jenis ini berbunga sangat awal, di Washington, D.C. kadang-kadang sudah berbunga pada awal Maret. Batangnya pendek, bunganya terbuka lebar di bawah sinar matahari sehingga terlihat seperti bintang bersegi enam. Berbunga di awal April. Tinggi tanaman sekitar 10-20 cm.
  • Fosteriana
Jenis yang mudah berkembang biak, merupakan hibrida berbagai Tulip yang berasal dari Asia Tengah. Berbunga sekitar awal April. Tinggi tanaman sekitar 25-51 cm. Contoh: ‘Purissima’ (putih) dan ‘Sweetheart’ (kuning dengan warna putih pada tepi daun mahkota).

Tulip yang berbunga agak lambat

  • Triumph
Jenis ini merupakan hasil hibrida Single Early dengan jenis-jenis yang lambat berbunga. Bentuk bunga bulat telur khas Tulip, batangnya kuat dan bunga bisa bertahan dalam kondisi cuaca buruk. Jenis ini banyak digunakan untuk bunga potong. Tinggi tanaman sekitar 25-41 cm. Berbunga di pertengahan April. Kultivar ini mempunyai warna beraneka ragam, misalnya ‘Negrita’ (ungu), ‘Kees Nelis’ (campuran merah dan kuning), ‘White Dream’ (putih), ‘Prominence’ (merah), ‘Cairo’ (coklat), ‘Zurel’ (campuran ungu dan putih), ‘Gavota’ (merah tua dengan pinggiran kuning). Salah satu kultivar ada menggunakan nama kota di Indonesia yakni Tulip ‘Makassar’ yang berwarna kuning.
 
  • Darwin Hybrid
Jenis ini baru dikenal seusai Perang Dunia ke-2, merupakan hasil hibrida antara Tulipa fosteriana yang berukuran besar dan ‘Darwin.’ Jenis ini memiliki bunga yang besar-besar dibandingkan jenis-jenis Tulip lainnya sehingga sering ditanam di taman bunga dan diproduksi besar-besaran sebagai bunga potong. Penanamannya mudah, mempunyai batang yang kuat dan tahan serangan virus. Tinggi tanaman sekitar 30-51 cm. Berbunga di pertengahan April. Variasi warna bunga tidak terlalu banyak, antara lain: ‘Pink Impression’ (merah jambu), ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford’ (merah). Selain itu, ada juga warna-warna lain yang dimiliki keturunan ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford,’ seperti ‘Golden Oxford’ (kuning tua), ‘Blushing Apeldoorn’ (oranye kekuningan), dan ‘Oxford Elite (oranye dengan pinggir kekuningan).
  • Greigii
Jenis ini dikembangkan dari spesies Tulipa greigii asal Turkestan. Batangnya kokoh, bunga berukuran sedang yang terbuka lebar di bawah sinar matahari memperlihatkan dasar bunga berwarna tua hingga hitam. Daun bermotif khas seperti garis-garis atau corak warna ungu. Berbunga di awal April. Tinggi tanaman sekitar 20-30 cm.

Tulip yang berbunga lambat

  • Single Late (daun mahkota selapis, berbunga lambat)
Semua kultivar dari jenis ini mempunyai batang yang panjang dan kuat. Jenis ini merupakan kumpulan dari jenis-jenis seperti ‘Breeder,’ ‘Darwin’ dan ‘Cottage’ yang masing-masing ciri khasnya sudah hilang akibat hasil hibridisasi. Tinggi tanaman sekitar 37-76 cm. Berbunga di akhir April. ‘Ile-de-France’ adalah salah satu kultivar dari jenis ini yang berbunga lebih cepat dibandingkan dengan jenis-jenis yang berbunga lebih awal. Contoh: ‘Pink Diamond’ (merah jambu) dan ‘Queen of Night’ (ungu tua).
  • Double Late (daun mahkota berlapis, berbunga lambat)
Jenis ini mempunyai sebutan Peony Flowered Tulip karena memiliki bunga seperti bunga peony. Bunganya besar-besar dengan daun mahkota yang berlapis-lapis. Jenis ini harus ditanam di tempat yang terlindung karena bunganya yang berukuran besar tidak tahan hujan lebat dan angin kencang. Tinggi tanaman sekitar 30-41 cm. Berbunga di akhir April. Jenis ini hanya memiliki beberapa kultivar, seperti ‘Angelique’ (putih merah jambu), ‘Mount Tacoma’ (putih), ‘Ice Cream’ (bagian bawah merah jambu, bagian atas putih).
  • Lily-flowered Tulip
Jenis ini batangnya panjang-panjang dan memiliki bunga dengan tepi daun mahkota yang terbelah dan runcing seperti bunga Lili. Pada zaman dulu pada umumnya Tulip mempunyai bentuk bunga seperti ini. Asalnya dari spesies Tulip acuminata tapi mempunyai batang yang kuat. Populer sebagai bunga potong. Tinggi tanaman sekitar 36-76 cm. Berbunga di akhir April. Contoh: ‘West Point’ (kuning), ‘Ballerina’ (oranye), ‘Marilyn’ (putih dengan coretan kuas warna merah).
  • Fringed Group (tepi kristal)
Jenis ini memiliki daun mahkota yang tepinya seperti dihiasi kristal atau rumbai-rumbai. Bunga terlihat sangat cantik dan tahan lama. Tinggi tanaman sekitar 20-76 cm. Berbunga di akhir April. Kebanyakan Tulip jenis ini merupakan mutan dari jenis Single Late. Tulip ‘Crystal Beauty’ dengan bunga berwarna merah merupakan mutan dari ‘Apeldoorn’ yang membentuk hiasan seperti kristal di tepi daun mahkota. Tulip ‘Barbados’ memiliki tepi daun mahkota dengan hiasan seperti rumbai-rumbai yang tajam, sedangkan tepi daun mahkota Tulip ‘Royal Sphinx’ hanya memiliki hiasan rumbai-rumbai sedikit sekali hingga hampir tidak kelihatan. Contoh lain: ‘Fancy Frill’ (merah jambu) dan ‘Hamilton’ (kuning).
  • Viridiflora (garis hijau)
Jenis yang masih kerabat Single Late ini mempunyai garis hijau pada daun mahkota yang dimulai dari dasar bunga sampai ke tepi atas daun mahkota. Tanaman berusia panjang dan bunganya sering digunakan untuk bunga potong. Tinggi tanaman sekitar 41-61 cm. Berbunga di akhir April. Contoh: ‘Spring Green’ (putih bergaris hijau) dan ‘Greenland’ (merah jambu bergaris hijau).
  • Rembrandt
Jenis ini keturunan dari Darwin yang perubahan warnanya disebabkan oleh beberapa jenis virus. Pada mulanya orang tidak mengetahui bahwa warna yang motif fantastik seperti coretan kuas disebabkan oleh virus, sehingga Tulip jenis ini diperdagangkan dengan harga yang gila-gilaan di abad ke-17 hingga abad ke-18. Tulip Rembrandt asli yang berpenyakit sudah tidak ada lagi dan digantikan jenis Rembrandt yang bebas penyakit. Berbunga di akhir April. Kultivar yang mirip-mirip misalnya: ‘Bizarre’ dan ‘Ice Follies.’
  • Parrot
Jenis ini dikenali dari daun mahkota mirip bulu unggas. Jenis Parrot sebanyak 99% merupakan perubahan dari jenis-jenis Tulip yang lain. Konon ada teori yang mengatakan daun mahkota seperti ini disebabkan pemisahan daun mahkota yang tidak sempurna. Jenis yang ada sekarang memiliki batang yang kuat, sedangkan jenis yang ada pada zaman dulu memiliki batang yang lemah. Warna bisa bermacam-macam, tapi di bagian tengah daun mahkota pasti terdapat bercak-bercak warna hijau. Jenis ini sangat rentan terhadap cuaca buruk dan harus ditanam di tempat yang terlindung. Tinggi tanaman sekitar 31-41 cm. Berbunga di akhir April. Contoh: ‘Flaming Parrot’ (kuning dan coretan warna merah), ‘Estella Rijnveld’ (campuran warna merah dan putih) dan ‘Blue Parrot’ (biru tua keungu-unguan).
Tulip (Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tanaman berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae..Tulip merupakan tanaman perenial berumbi, tingginya antara 10-70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun bunga. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu atau bunga dengan berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.Seperti halnya bunga mawar, lili, anggrek dan peony, tulip adalah tanaman bunga yang paling banyak dibudayakan manusia.

Teknik Penanaman
Tulip tidak bisa hidup di alam terbuka wilayah tropis karena memerlukan suhu rendah di musim dingin untuk dapat tumbuh. Tulip dapat dipaksa untuk berbunga lebih cepat dari normal jika diletakkan di tempat yang suhunya diatur menjadi lebih tinggi.Tulip dapat ditanam dengan dua cara, menggunakan umbi atau biji. Tulip yang ditanam dari umbi membutuhkan waktu setahun untuk dapat menghasilkan bunga yang cukup besarnya, sedangkan tanaman yang ditanam dari biji membutuhkan waktu antara 5-7 tahun agar dapat berbunga.Bunga yang telah selesai mekar harus dipotong untuk mendapatkan umbi.
Menurut hasil penelitian yang berlaku hanya untuk bunga Tulip, jika sewaktu bunga belum mekar bagian bawah kuncup bunga ditusuk hingga tembus dengan jarum (misalnya jarum jahit), gas etilen akan diproduksi oleh bunga yang terluka sehingga masa mekar bunga menjadi lebih panjang. Perlakuan yang sama jika dilakukan terhadap bunga yang sudah mekar menyebabkan masa mekar malah menjadi lebih singkat.
Wisata bunga Tulip juga dikembangkan di Negara Belanda, ada daerah dan taman wisata yang terkenal dimana bunga-bunga tulip yang dikembangkan dan menjadi daerah pariwisata yang potesial selain itu terdapat juga festival nasional yang diatur dibawah pemerintahan yang mengusung bunga –bunga lainnya , termasuk Tulip, antara lain ;
ª Bollenstreek Flower Parade
Adalah Parade bunga terbesar yang dilangsungkan pada akhir bulan April setiap tahunnya.Sudah berjalan selama 50 tahun yang lalu dari desa Bollenstreek
ª The Bloemencorso Valkenswaard
Adalah parade bunga yang lebih kecil, yang mencakup tarian rakyat dan teater jalanan
ª The Kerstflora ( X-mas Flora )
Event ini berjalan pada bulan Desember , selama lima hari ,terdapat pameran tanaman bunga dibawah kaca dan tanam-tanaman rumah.
ª Lisse , The Museum De Zwarte Tulip or The Black Tulip
Semua hal yang berhubungan dengan sejarah tulip, pengembang biakannya , evolusi,lukisan, fotografi, barang-barang , dan perdagangan perusahaan bunga.
ª Aalsmer merupakan tempat pelelangan bunga terbesar
Bunga yang dijual, dibeli oleh 75 % penduduk dunia dan merupakan tanaman export
ª Keukenhof, Taman Bungan Terbesar ( 32 hectares )
Menyedot turis sampai 800.000 pengunjung setiap tahunnya. Awal mulanya Keukenhof pada abad ke 15 , adalah tempat bagi Ratu Jacoba van Beieren untuk mengembangkan taman Herbal / bumbu dapur dan sayur mayur.Karena ia ingin mendapatkan bahan-bahan yang segar untuk dapurnya. Oleh sebab itu Keukenhof mewakili nama taman ini, yaitu Taman Dapur.
ª Tulip Time Festival
Tulip Time Festival adalah perayaan warisan dan budaya Belanda menampilkan; 3 parade menakjubkan, Tarian berlapis-lapis, konser, teater, atraksi Belanda, makanan Belanda, acara anak-anak , troli wisata dan banyak lagi!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar