Ged a Widget

Sabtu, 08 Desember 2012

Perjalanan Menuju Netherland Fellowship Programme (NFP) Scholar

Saya share pengalaman mas Yusuf melalui tulisannya yang diposting di web PPI Belanda (http://www.ppibelanda.org/node/perjalanan-menuju-netherland-fellowship-programme-nfp-scholar) inspiratif :D
 
Oleh Ridwansyah Yusuf Achmad
Beasiswa Netherland Fellowship Programme (NFP)
Master Governance, Policy, and Political Economy, ISS Erasmus University Rotterdam
 
 
Pada kesempatan ini saya bermaksud sedikit berbagi tentang beasiswa yang telah saya dapatkan, namanya Netherland Fellowship Programme atau lebih dikenal dengan NFP. Beasiswa ini adalah beasiswa yang dikelola langsung oleh pemerintah Kerajaan Belanda untuk pelajar di 60 negara di dunia, termasuk salah satunya Indonesia.
 
Bisa jadi sahabat semua lebih mengenal dengan beasiswa Stunned untuk ke Belanda. Bedanya apa? Sederhananya, beasiswa Stunned adalah beasiswa yang dikelola oleh Kedutaan Belanda di Indonesia yang memang di dedikasikan khusus untuk calon pelajar di Indonesia, sedangkan NFP itu seleksinya langsung bersama 60 negara lain. Jadi ya lebih kompetitif gitu. Selain itu Stunned lebih banyak di dedikasikan untuk mereka yang sudah jadi PNS atau program Double Degree kerjasama kampus seperti UGM, UI, dan ITB.
 
Sedangkan di NFP kamu bisa bersaing dengan peserta dari 60 negara dengan berbagai latar belakang. Sebagai catatan, perempuan mendapatkan prioritas lebih untuk mendapatkan beasiswa ini.
 
Saya akan coba berbagi langkah-langkah yang saya tempuh dalam proses mendapatkan beasiswa ini, bisa dikatakan saya membutuhkan waktu lebih kurang satu tahun lamanya untuk mendapatkan beasiswa NFP 2012-2013.
 
 
Langkah Pertama : Tentukan dan Daftar di Kampus yang kamu tuju
 
Beasiswa NFP hanya memproses mereka yang telah diterima di kampus secara unconditionally. Apa itu unconditionally? Artinya kamu telah diterima di kampus tersebut tanpa kekurangan berkas apapun.
 
Saya memulai pencarian kampus yang tepat dengan bertanya ke Dosen dan Pembimbing tentang kampus yang sesuai dengan minat saya. Bidang sarjana saya adalah Teknik Planologi dan saya berminat untuk melanjutkan studi ke Bidang Politik dan Ekonomi.
 
Sampailah saya pada pilihan kampus bernama Institute of Social Studies, Erasmus University Rotterdam (ISS). Kampus ini dikenal sebagai kampus yang sangat sosialis. Menarik buat saya untuk belajar disini. Ditambah lagi Erasmus University Rottedam dulunya bernama Handels-Hogeschool, ini adalah kampus yang dulu pernah menjadi tempat kuliah Bung Hatta, salah satu tokoh panutan saya.
 
Saya berencana kuliah di program master di bidang Governance, Policy,  and Political Economy.
 
Pendaftaran ke ISS menggunakan sistem online melalui websitenya www.iss.nl , semua berkas saya masukkan via online. Termasuk surat motivasi diri sebanyak 1 halaman dan dua buah surat rekomendasi saya upload secara online. Saya submit aplikasi online saya sekitar bulan Februari 2011 dan mendapatkan pengumuman pada bulan Mei 2011dengan keterangan Conditionally dikarenakan saya belum memasukkan sertifkat IELTS saja, saya hanya memasukkan sertifikat TOEFL ITP saja. Perlu dicatat, untuk ISS mereka meminta IELTS minimal 6.5.
 
Karena ketiadaan dana, pada bulan September 2011 saya memutuskan untuk memposponed kuliah saya di ISS, dan mereka menyanggupinya. Sembari saya mencari peluang untuk beasiswa, saya sudah mengincar untuk mendapatkan  NFP atau Stunned sebagai incaran beasiswa saya ke Belanda.
Langkah Kedua : Persiapan IELTS dan Pengisian Berkas NFP
 
Sekitar 3 bulan saya menyiapkan IELTS saya secara mandiri, bermodalkan buku IELTS karangan Baron’s saya menjajal semua soal tersebut. Singkat kata saya mengambil tes ujian IELTS pada tengah Desember 2011 dan pengumuman pada Januari 2012. Alhamdulillah saya mendapatkan nilai IELTS 7.0 dengan skor tertinggi yaitu Listening dengan nilai 7.5.
 
Berbekal IELTS yang tinggi saya kirimkan sertifikat tersebut ke ISS dan satu pekan kemudian saya mendapatkan surat yang menyatakan saya diterima di ISS dengan unconditionally.
 
LETTER of ADMISSION 2012-2013 Master of Arts in Development Studies Major in Governance, Policy and Political Economy
 
Dear Mr. Ridwansyah Yusuf Achmad,
 
Since your admission is valid for two consecutive years, we have deferred your admission and we are now sending you the second admission letter to the above mentioned programme. This programme will be held from 03 September 2012 until 13 December 2013.
 
Saya memulai mengisi berkas NFP saya yang deadline 7 Februari 2012, meski saya agak ragu sebenarnya karena di data publikasi ISS ternyata deadline mendaftar beasiswa NFP untuk ISS adalah 15 Januari 2012. Sehingga saya sarankan nih, buat yang mau daftar NFP, coba di cek tentang deadline setiap kampus untuk beasiswa NFP.
 
Berkas NFP di isi secara online melalui sistem bernama SOL (Scholarship Online) melalui situs Nuffic (Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education) yaitu www.nuffic.nl.
 
Selain diminta untuk mengupload Scan Passport, surat rekomendasi dari institusi tempat beraktivitas, kita diminta menjawab 4 pertanyaan yang masing-masing di upload secara terpisah, maksimal jawaban untuk masing-masing pertanyaan adalah 1 halaman. Pertanyaan tersebut adalah :
 
  • Motivation
  • Relevance for your organization
  • Relevance for your country
  • Plan of action after return
     
Coba isi semua berkas ini dengan padat dan meyakinkan. Saya rata-rata satu pertanyaan sekitar ¾ halaman A4 saja. Ditulis dalam bahasa inggris yang baik dan sesuai dengan konteks pertanyaan.
 
Saya mensubmit semua aplikasi saya awal Februari 2012. Dan setelahnya saya langsung mendapatkan konfirmasi dari NFP, serta email dari ISS yang menyatakan “kami telah menerima berkas NFP anda, namun kami tidak bisa menjanjikan akan mendapatkan tempat karena deadline aplikasi untuk ISS adalah 15 Januari”
 
 
 
Langkah Ketiga : Berdo’a
 
Yah lemes deh saya. Tetapi di akhir Februari 2012 saya mendapatkan email kembali dari NFP dan ISS, “you are eligible to proceed in this Scholarship, we will inform soon we made decision on your application”. Alhamdulillah melegakan banget.
 
Saya tidak mendapatkan info apa-apa mengenai NFP sejak akhir Februari 2012 tersebut, pihak ISS sempat mengirimkan surat yang menyatakan kesanggupan membayar biaya kuliah serta keterangan kalau saya sehat dan siap mengikuti kuliah selama 15.5 bulan di ISS mulai September 2012. Saya jadi semakin was-was karena tidak mendapatkan informasi apapun hingga saat itu, apalagi saat itu saya bersamaan mendapatkan info kalau saya gagal mendapatkan Beasiswa British Chevening Awards untuk mendukung kuliah saya di University of Sussex, United Kingdom.
 
Hingga akhirnya saya mendapatkan email dari NFP tanggal 7 Mei dengan subject : Avalaibility Check, isinya :
 
In order to make the selection, please inform us if your are still avalaible to participate. You must confirm your avaibility before 14 May 2012. You must confirm your avaibility by logging into you account and clicking the confirm-button in SOL.
 
If you do not confirm your avaibility in the correct way or of you don not confirm in time, your application will be rejected.
 
Saya tidak begitu mengerti arti dari email ini, maksudnya saya tidak paham awalnya ini artinya bagaimana? Tetapi saya langsung saja buka akun SOL saya dan langsung meng-klik avalaible .
 
Tidak ada berita apapun lagi, saya kebetulan setelah tanggal 14 Mei 2012 ada agenda keluar negeri selama 1 pekan, karena sangat was-was dan ingin selalu update informasi, saya memastikan akses internet saya siap siaga meski di luar negeri.
 
Dan hingga pada tanggal 25 Mei 2012, saat sedang bersiap diri untuk menemani Istri ke Dokter Kandungan, saya mendapatkan email kembali dari NFP dengan judul Selection Letter yang isinya,
 
Dear Mr.Ridwansyah Yusuf Achmad
 
Congratulations. You have been selected for an NFP fellowship for ‘MA in Development Studies Major in Governance, Policy, and Political Economy’ at International Institute of Social Studes, Erasmus University Rotterdam. Nuffic will award a grant to International Institute of Social Studes, Erasmus University Rotterdam to finance your fellowship. The institution will administer your fellowship and concact you about further procedures regarding the NFP fellowship.
 
We wish you good luck with the course of programme and trust that you will use the knowledge and skills gained for the benefit of your employing organization and country
 
Kind regard,
 
J.F. Houterman
 
Director
 
Wow. Alhamdulillah Subhanallah J Saya diterima di beasiswa paling prestisius di Belanda, sebuah Full Scholarship dari Kerajaan Belanda. Sebuah karunia dan anugrah yang sangat indah. Puji Syukur pada Allah yang telah memberikan kesempatan untuk bisa belajar di negeri Belanda.
 
Tak lama kemudian, sekitar satu pekan setelahnya, ISS mengirimkan email yang isinya,
 
Dear NFP fellowship holder,
 
This email is to congratulate you on the award of your NFP Fellowship to participate in our MA programme starting in September and to give you information on what will happen next.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar