Ged a Widget

Selasa, 04 Desember 2012

OPTIMALISASI CENTRE OF EXCELLENCE SEBAGAI PERPUSTAKAAN BUDAYA MASYARAKAT JAWA DAN MADURA MELALUI E-LIBRARY


KARYA TULIS ILMIAH

OPTIMALISASI CENTRE OF EXCELLENCE SEBAGAI PERPUSTAKAAN BUDAYA MASYARAKAT JAWA
 DAN MADURA MELALUI E-LIBRARY
                                                              

Disusun dalam Rangka Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah yang Diselenggarakan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia



Disusun oleh :

Janu Muhammad                     (11405241002/2011)
Akhsin Rustam Aji                 (11417141027/2011)
                       



UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2012


ABSTRAK


Kondisi merosotnya minat untuk mempelajari budaya Jawa dan Madura di kalangan warga kota-kota besar diiringi dengan rendahnya minat baca terhadap bahan pustaka. Padahal, budaya masyarakat Jawa dan Madura penting untuk dilestarikan. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan mengamanatkan bahwa sebagai salah satu upaya untuk memajukan kebudayaan nasional, perpustakaan merupakan wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa. Tujuan dari penulisan karya tulis ini yaitu untuk mengetahui sebab-sebab perlunya melestarikan budaya masyarakat Jawa dan Madura, mengetahui peran Centre of Excellence dalam upaya pelestarian budaya masyarakat Jawa dan Madura, serta mengetahui cara mengoptimalkan Centre of Excellence sebagai perpustakaan budaya masyarakat Jawa dan Madura melalui e-library.
Penulisan dilakukan berlokasi di area kampus Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta dari tanggal 15-23 November 2012. Penulisan karya tulis yang berjudul “Optimalisasi Centre of Excellence sebagai Perpustakaan Budaya Masyarakat Jawa dan Madura Melalui E-Library” ini menggunakan metode deskriptif  kuantitatif. Proses penulisan awal dari pendeskripsian permasalahan tentang pelestarian budaya masyarakat Jawa dan Madura dihubungkan dengan optimalisasi peran Centre of Excellence melalui penyediaan perpustakaan elektronik (e-library). Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan metode-metode studi pustaka, observasi, dan wawancara mendalam (indeepth interview). Dalam karya tulis ini, teknik analisis data yang dilakukan adalah  analisis kualitatif yaitu dengan cara melakukan reduksi data dan tinjauan literatur, sehingga data dari para informan dapat dihubungkan dengan tinjauan pustaka dan diformulasikan ke dalam suatu output berupa e-library yang menyediakan koleksi buku-buku budaya masyarakat Jawa dan Madura.
Dari hasil pembahasan, didapatkan kesimpulan perlunya melestarikan budaya masyarakat Jawa dan Madura yaitu karena budaya merupakan apresiasi jiwa seni atas cipta, rasa, dan karsa dari diri manusia. Budaya merupakan warisan leluhur yang harus dijaga kelestariannya. Budaya merupakan wujud rasa bangga terhadap kearifan local maupun nasional sehingga mendasari setiap warga negara untuk tetap melestarikan budaya Jawa serta Madura. Centre of Library berperan dalam mendokumentasikan segala karya budaya masyarakat Jawa dan Madura melalui digitalisasi atau perpustakaan elektronik. Ini dilakukan untuk menyelamatkan warisan karya yang semakin tahun akan semakin renta rusak. Cara pengoptimalan Centre of Library yaitu dengan memfokuskan pada e-library terhadap segala karya sastra maupun budaya yang kini semakin langak dengan menggunakan teknologi informasi yang ada.

Kata kunci: Centre of Excellence, Kebudayaan, Perpustakaan



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar