Ged a Widget

Selasa, 11 Desember 2012

Mengapa Belajar di Belanda ?

Setidaknya www.nesoindonesia.com telah menjelaskan:

 6 Alasan Penting Belajar di Belanda

Be a pioneer

Bangsa Belanda berjiwa pengusaha dan penemu. Selain itu, mereka adalah bangsa perintis sejati. Bangsa ini telah melahirkan peraih Nobel dan filsuf, seniman, serta ilmuwan tangguh.
 Belanda adalah negara pertama di benua Eropa yang menawarkan program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Mahasiswanya terus didorong untuk mendatangkan ide–ide kreatif dan inovatif, sehingga mereka dapat menjadi pionir.

Erasmus
Anda tahu, bahwa beasiswa Erasmus Mundus diambil dari nama Desiderius Erasmus, seorang filsuf dan humanis terbaik Belanda yang sangat terkenal?

Setelah menyelesaikan studinya di Belanda, Erasmus berkelana ke seluruh Eropa untuk berdebat dengan ilmuwan lainnya, di antaranya adalah Thomas More. Erasmus telah menunjukkan bagaimana sebuah negara kecil dapat memainkan peran besar, dan untuk alasan itu, dia adalah panutan bagi masyarakat Belanda.

Pendidikan
Kepeloporan memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan dan pendidikan. Kepeloporan adalah satu-satunya cara untuk menemukan beragam hal baru. Belanda telah banyak menghasilkan peraih Nobel terkenal di bidang fisika, kimia, ekonomi, dan kedokteran.

Namun, Belanda juga merupakan pelabuhan bebas bagi para ilmuwan internasional. Peraih Nobel terkenal seperti Marie Curie dan Andre Geim datang ke sini untuk melakukan penelitian.

Inovasi dan Penemuan
Ide-ide inovatif dalam pendidikan selalu mendapatkan sambutan hangat. Seperti yang dituturkan Mitzi Dominguez, misalnya.

Belanda selalu satu langkah di depan. Anda hanya perlu melihat sepeda mereka! Mereka bahkan dapat bersepeda dengan beberapa orang dan hewan peliharaan sekaligus!” ujar Mitzi.

Memanfaatkan secara optimal sumber daya yang tersedia adalah karakteristik khas dari orang Belanda.

Di bawah permukaan laut
Negara ini diselimuti oleh air dan orang-orang Belanda terbukti menjadikan hal tersebut untuk digunakan dengan baik, yaitu melakukan reklamasi.

Cornelis Lely mereklamasi sebagian besar dari Zuiderzee untuk polder. Polder terbesar, Flevoland, sekarang menjadi rumah bagi sekitar 400.000 orang.

Saat ini, Belanda menerapkan teknik yang digunakan di Abu Dhabi untuk membuat pulau–pulau buatan baru di lepas pantai. Mereka juga membantu untuk membangun tanggul-tanggul di New Orleans.

Ruang untuk ide
Jika Anda memiliki ide-ide inovatif yang baik, Anda akan diberikan ruang yang cukup untuk melaksanakannya. Ini adalah fakta yang dialami tim mahasiswa dari Belanda yang mengambil bagian dalam kompetisi “The World Solar Challenge” di Australia. Mereka menerapkan teknologi sel surya terbaru untuk menciptakan mobil tercepat dan berhasil memenangkan kompetisi sebanyak empat kali.

Maka, ketika Anda belajar di Belanda, Anda akan segera mengetahui bagaimana rasanya menjadi seorang pelopor.


Be creative

Belanda adalah bangsa yang kreatif. Orang Belanda sangat suka berinovasi dan sering berdiskusi untuk menghasilkan ide-ide baru.
 Saat belajar di Belanda, Anda akan didorong untuk mencari solusi-solusi yang kreatif, dan sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan siswa lain karena hasil-hasil yang kreatif dan inovatif hanya dapat dicapai bila bekerjasama dengan orang lain.

Keingintahuan
Jika Anda mengikuti kuliah di Belanda, Anda akan terus-menerus didorong untuk berpartisipasi.” kata Dhaval Shah.

Di India hanya sedikit kesempatan berhubungan dengan profesor saya. Tapi di sini, di Belanda, dosen-dosen saya mengajukan pertanyaan yang tak ada habisnya, dan menantang saya untuk ikut dalam proses pemikiran. Hal ini memungkinkan Anda memberikan ide-ide baru dan banyak belajar dari teman-teman Anda.” ujarnya.

Inovasi dan kreatifitas adalah hal-hal penting dalam pendidikan di Belanda. Sebagai hasilnya, alumni institusi-institusi pendidikan Belanda menjadi ambisius dan dapat begitu mudah beradaptasi dengan budaya dan metode kerja yang lain.

Sektor Kreatif
Belanda memiliki industri kreatif yang besar, termasuk perancang busana yang tak terhitung jumlahnya, orang-orang periklanan, pekerja  bidang ICT, wartawan, produser film, serta para seniman visual.

Rancangan Belanda terkenal di seluruh dunia. Perancang Belanda menghasilkan rancangan-rancangan yang unik untuk furnitur dan desain grafis, serta adibusana. Untuk bidang adibusana, contohnya adalah duo perancang Viktor & Rolf.

Arsitektur Belanda juga terkenal. Arsitek Rem Koolhaas merancang bangunan untuk kota-kota di seluruh dunia, seperti perpustakaan pusat di Seattle, Kedutaan Besar Belanda di Berlin, serta Menara Televisi di Beijing, China.

Belanda juga memiliki sejumlah museum yang menampilkan karya-karya pelukis baru dan lama, termasuk Vincent van Gogh dan Rembrandt van Rijn.
Komunitas Bisnis
Kreativitas juga ditunjukkan dari kolaborasi antara institusi-institusi pendidikan tinggi Belanda dengan komunitas bisnis.  Banyak program studi yang menawarkan komponen penempatan kerja dan magang sebagai salah satu aspek penting.

Institusi pendidikan tinggi dan perusahaan-perusahaan juga lebih sering bekerja sama. Sebagian besar institusi telah mengangkat dosen-dosen yang tidak hanya kompeten dalam mengajar teori tetapi juga mempunyai pijakan yang kokoh di dalam komunitas bisnis. Sebagai mahasiswa, Anda  akan mendapatkan keuntungan dari jaringan mereka di dunia bisnis.

Anda akan berkesempatan bekerja pada proyek-proyek bisnis yang nyata. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari pengetahuan orang-orang yang bekerja di lapangan, komunitas bisnis juga akan belajar hal-hal baru dari Anda.

Menempatkan kreatifitas dalam bentuk praktek adalah keuntungan utama belajar di Belanda. Setelah menyelesaikan studi di Belanda, Anda akan menjadi ilmuwan yang inovatif, seorang produser film yang berjiwa wirausaha, atau bersaing langsung dengan Rem Koolhaas dan Viktor & Rolf.
 Semasa zaman keemasannya, Belanda membutuhkan pengetahuan dari pihak lain untuk berkembang dan itu masih berlaku hingga saat ini. Oleh karena itu bakat-bakat internasional sangat dinanti. Maka, Anda akan banyak berjumpa dengan mahasiswa internasional di ruang kuliah dan kampus-kampus perguruan tinggi Belanda.

Beragam Kebangsaan
"Saya mengikuti kuliah dengan mahasiswa dari Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, bahkan dari segala penjuru dunia,” kata mahasiswi Indonesia, Ema Apriyani.

Kami banyak bekerja sama dengan beragam kebangsaan di kelas, saya banyak belajar dari perspektif budaya yang berbeda-beda,” ucap Ema.

Gerbang menuju Eropa
Orang Belanda pun ingin banyak belajar dari kebudayaan lain. Dan hal ini cukup didukung dengan banyaknya negara tetangga yang berdekatan. Situasi ini bukan hanya menguntungkan bagi para pengekspor keju, bunga atau produk lainnya, tetapi Anda pun akan merasakan keuntungan karena bisa berada di negara Eropa lain dalam waktu yang singkat.

Kurang dari tiga jam perjalanan, kereta api akan membawa Anda dari Amsterdam ke Paris. Hanya sekitar lima jam dengan kereta api dari Rotterdam, Anda sudah berada di London, dan hanya butuh waktu enam jam Anda sudah berada di Berlin.

Get connected

Bangsa Belanda sangat ingin menjalin hubungan dengan dunia luar, budaya lain dan komunitas bisnis. Ini berarti sebagai mahasiswa Anda akan menjadi bagian dalam kelas internasional. Faktanya, di Belanda saat ini terdapat lebih dari 81.700 mahasiswa internasional.

Enjoy high quality education

Sistem pendidikan tinggi di Belanda memiliki reputasi dunia karena kualitasnya yang tinggi. Kualitas ini dicapai melalui sistem regulasi nasional dan jaminan kualitas. 
 
Pengalaman menunjukkan, orang yang pernah belajar di sebuah institusi pendidikan tinggi di Belanda mempunyai kinerja sangat baik di belahan dunia lain.

Terobosan Pendidikan
Suplemen Times Higher Education  bahkan mengurutkan 12 universitas di Belanda ke dalam peringkat 200universitas terbaik di dunia.

Belanda juga telah menerima pengakuan internasional sehubungan dengan terobosan sistem pembelajaran Problem-Based Learning. Sistem ini melatih siswa untuk menganalisa dan memecahkan masalah melalui penekanan pada cara belajar mandiri dan kedisiplinan.
 

Get value for money

Biaya hidup di Belanda tidak semahal biaya hidup di negara–negara berbahasa Inggris lainnya dan biaya kuliah di Belanda juga relatif murah. Dengan kualitas pendidikan yang sudah terkenal dan biaya hidup yang relatif rendah itu, maka belajar di Belanda akan memberikan nilai ekonomis yang tinggi. 

Kamu juga dapat berkeliling kota secara mudah dengan bersepeda. Ini bukan hanya kebiasaan orang Belanda, tetapi merupakan moda transportasi murah. Kamu juga dapat dengan mudah berpergian ke kota lain atau bahkan negara Eropa lain dengan kereta api.

Salah satu mahasiswa menjelaskan, “walaupun laju kehidupan cepat, entah bagaimana tidak membuat stres. Ada banyak hal harus dilakukan. Namun, Anda tidak akan pernah bosan di Belanda!”
Nilai pengembalian investasi yang sangat baik
Meskipun terhitung negara kecil, eksistensi Belanda sangat bersinar dikancah internasional. Belanda menempati urutan ke 21 di dunia untuk pendapatan ekonomi.

Beberapa perusahaan multinasional besar berasal dari Belanda, seperti Philips, Heineken, KLM, Shell, ING Bank, serta Unilever. Selain itu, perusahaan seperti Sony, Sara Lee, serta Microsoft memiliki kantor pusat untuk wilayah eropa di Belanda.

Gelar yang Anda miliki dari institusi pendidikan tinggi Belanda dan pengalaman hidup Anda selama di Belanda akan sangat berharga. Anda dapat meningkatkan prospek karir baik di negara sendiri atau di tempat lain dengan biaya yang relatif terjangkau.

Biaya Kuliah yang terjangkau
Jika Anda seorang mahasiswa Uni Eropa, biaya tahunan kuliah untuk pendaftaran program gelar adalah sekitar € 1,700, tergantung institusi yang diinginkan. Pinjaman biaya kuliah, atau bahkan restitusi atau hibah dari Pemerintah Belanda juga dimungkinkan bagi Anda.

Namun, jika Anda berasal dari luar Uni Eropa, biaya kuliah Anda mungkin akan lebih tinggi. Anda bisa mengunjungi database online kami untuk memeriksa jumlah yang rinci.

Gaya Hidup yang Terjangkau
Dibandingkan dengan kawasan Eropa barat lain, biaya hidup di Belanda relatif rendah.
Sebagai mahasiswa, kamu bisa mendapatkan diskon di banyak bar, restoran, museum serta bioskop.

 

Home away from home

Khusus bagi orang Indonesia, tinggal di Belanda itu seperti layaknya tinggal di rumah sendiri. Hampir semua makanan Indonesia bisa didapatkan di Belanda, seperti masakan Padang, nasi goreng, tempe, sate, sambal, bahkan terasi. Selain itu dengan banyaknya kata dari Bahasa Belanda yang diserap ke dalam bahasa Indonesia maka bagi orang Indonesia akan lebih mudah mempelajari Bahasa Belanda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar