Ged a Widget

Senin, 17 Desember 2012

Kuliah Kosong, Salah Siapa ?

Pagi ini saya benar-benar kecewa. Mengapa ? Bukan karena hujan ketika mau berangkat kuliah, bukan karena dapat nilai jelek, melainkan karena kuliah kosmografi hari ini kosong !!!

Hal pertama yang saya rasakan saat kuliah pagi ini kosong lagi adalah, siapa yang harus disalahkan ? HMM, APAKAH MAHASISWA ? ATAUKAH DOSEN YANG BERSANGKUTAN ? Saya sendiri nggak tahu jawabannya -__- Yang jelas saya kecewa karena beberapa pertemuan kosmografi gagal terlaksana, alias kosong !
Dengan adanya kejadian ini bisa sedikit membuka mata saya bahwa betapa berharganya waktu kuliah, apalagi menjelang ujian seperti ini. Ya Allah, bentar lagi ujian...masih sekita 16 hari lagi...... Dengan tidak adanya kuliah, ada dua kemungkinan : pertama, menguntungkan mahasiswa yang malas kuliah dan kedua akan merugikan mahasiswa yang rajin kuliah.

Kalau disuruh memilih, saya mending memilih yang kedua, meski kadang kuliah saya berantakan, ya nggak ?
Mahasiswa yang berstatus enggak buat masuk kuliah pasti akan merasa senang jika dosennya tidak hadir. Tapi, mahasiswa yang  minat untuk kuliah dan menerima ilmu pasti nggak setuju banget kalau dosennya 'mangkir' atau berhalangan masuk tanpa ada keterangan.

Beberapa dugaan bisa saja kita lontarkan kenapa dosen nggak bisa masuk, yaitu :

1. Dosen berhalangan karena ada urusan lain
Biasanya tipe dosen ini adalah orang-orang sibuk yang punya seabrek kerjaan, sehingga kadang-kadang lupa untuk ngisi kelas.

2. Dosen Pelupa
Nggak jarang juga saya temui beberapa dosen pernah mengaku 'lupa' masuk jam berapa, sampai-sampai nggak inget sama sekali.

3. Dosen kurang punya mood buat ngajar
Ini adalah tipe dosen yang mudah berubah pikiran, atau mau mengajar jika hanya punya keinginan. Efeknya, mahasiswa seakan hanya merasa 'untung' jika dosennya dalam mood baik.
Sebagai akibatnya, hari ini saya nggak dapet ilmu apa-apa tentang kosmografi. Saya malah dapet ilmu tentang 'loyalitas' sebagai pendidik, ilmu tentang pentingnya waktu, ilmu tentang keikhlasan dan mandiri. Mau nggak mau, saya dan teman-teman dituntut untuk nyari waktu luang agar ada kuliah tambahan. Mau nggak mau harus baca buku dan nyari ilmu kosmografi mandiri. Semoga saja deh kami bisa positif thinking sama dosennya dan bisa mengerjakan soal ujian dengan lancar, aamiin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar