Ged a Widget

Minggu, 16 Desember 2012

Cerita Awal Mengenal Belanda

Ini adalah cerita saya. Malam ini saya ingin sedikit mengungkap rasa, rasa yang mulai tumbuh ketika berkenalan dengan dia. Beberapa bulan yang lalu kami bertemu, dalam sebuah dunia maya. Teman-teman pasti tahu, sejak pertama kali saya menatapnya, begitu indah. Pancaran wajahnya bagai bidadari jelita. Rona dan kilau warna kulitnya begitu mempesona. Tahukah siapa dia, wahai teman-teman ?

Dia adalah...

Belanda :)

http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/bendera_belanda_101227202641.jpg

Ya, Belanda adalah negara yang telah menghipnotis saya untuk segera menata hidup. Saya melihat masa depan ini salah satunya ada di Belanda ! Great !

Pertama kalinya saya baru sebatas tahu kalau kelak saya akan melanjutkan S-2 di dalam negeri. Ternyata tidak, tawaran beasiswa mengalir dari sana-sini. Akhirnya, saya ingin mencoba melirik peluang studi di luar negeri.

Sekitar bulan Oktober 2012 atau November saya lupa, ada sebuah pameran "Holland Education Fair" di UGM. Pameran ini merupakan persembahan dari NESO Indonesia, salah satu lembaga yang menangani studi ke Belanda dengan kantor pusat di Jakarta. Saya pun tertarik ketika membaca poster tersebut di dekanat FIS.


Sore harinya setelah pulang kuiah, saya mengajak kawan saya : Arif, Dani, dan Ebi ke Pertamina Tower UGM. Kami berjalan, melewati gedung FBS dan sampailah di depan FEB. Hmmm...rupanya sangat rame sekali di sana. Wajar saja ya karena mahasiswa di kampus ini memang mayoritas 'lebih' tertarik dibandingkan di kampus saya UNY. Mereka sangat antusias untuk mau ngajuin aplication atau sekadar nonton aja.

Oke, kali ini saya nggak akan menyia-nyiakan bisa dateng di sini. Setelah melakukan registrasi, kami masuk ke dalam ruangan dan mengunjungi beberapa stand universitas ternama dari Belanda. Sayang sekali, masih sedikit yang datang di road show pertama ini. Universitas Amsterdam yang jadi target saya ternyata belum bisa hadir. University of Twente, Redboud University Nijmegen, TU/Delf, dan lain-lain malahan bisa hadir. Hmm, sempat kecewa juga ya, maklum saya ingin sekali ketemu UvA. 

Sebenarnya ini kesempatan bagus untuk kita bisa bertemu dengan universitas yang kita impikan. Berbagai informasi mengenai cara nyari beasiswa, cerita kehidupan di Belanda, hingga yang nggak nyambung sama Belanda juga ada di sini. Satu yang membuat saya tertarik untuk melanjutkan studi ke Belanda adalah karena rasa penasaran saya ingin menjelajahi Belanda. 

Belanda adalah negara yang  unik. Ada yang menyebutnya negeri kincir angin. Ada juga yang menyebutnya dengan negeri bunga tulip. Hmm, pasti indah sekali di sana ya ? Dengan segala kepopulerannya, Belanda meyimpan banyak cerita. Belanda adalah negara dengan banyaknya kanal atau sungai, hampir sebagian besar wilayahnya di bawah permukaan laut, unik kan ?



Potret keunikan di Belanda selain banyaknya sungai/kamal adalah keindahan bunga tulip yang sangat memikat hati. Warna-warninya seakan membuat setiap orang untuk segera mendapatkannya, termasuk saya, hehehe :D Di Belanda terdapat juga kincir angin yang menambah eksotisme tradisional-modern ala Belanda. O iya, di Belanda juga sedikit sekali kendaraan bermotor, hampir sebagian besar penduduknya bersepeda (cinta lingkungan).






Emm, kembali lagi ke cerita saya. Saya sempat bertanya-tanya saat pameran dulu itu. Ada sih dari Twente yang menawarkan beasiswa untuk masuk GIS. Tapi, sepertinya bukan target saya. Saya sebenarnya juga masih ragu mau ambil bidang yang mana, fisik, teknik, pendidikan, atau sosial ? :3 Dan akhirnya saya sedikit lega ketika berkunjung di Radboud University of Nijmegen yang nawarin Human Geography...yeee :D Tapi sekali lagi, saya masih mau nyari di University of Amsterdam.

Waktu pun berjalan cepat, setelah sekitar jam 5 sore kami meutuskan untuk kembali ke kampus. Sempat terbersit di pikiran ini kalau saya akhirnya harus menarhetkan ke Nijmegen, tetapi dari pamerannya NESO Indonesia tadi saya punya PR untuk segera mencari jejak UvA lewat internet. Alhasil, malam itu juga saya berkutat dengan kata 'Human Geography'. Alhamdulillah, ketemu di Graduate School of Social Science University of Amsterdam ada Human Geographynya...


Teman-teman tahu mengapa saya tertari di Human Geography ? Tunggu postingan selanjutnya ya... :)


16 Des 2012 Pkl 22:24 WIB di Kamar Prestasiku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar