Ged a Widget

Rabu, 28 November 2012

LKTM dan SPC UKMF SCREEN 2012



Sabtu, 24 November 2012 suasana di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta tampak berbeda dari yang biasanya. Pada hari itu, terlihat beberapa pengurus UKMF SCREEN yang tengah mempersiapkan perhelatan akbar final Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) se-UNY dan Short Paper Contest (SPC) SDP Penelitian tahun 2012. Final LKTM diikuti oleh tujuh tim yang lolos ke babak final, terdiri dari berbagai perwakilan dari fakultas-fakultas di UNY sedangkan SPC dihadiri oleh 9 tim yang hadir dari 10 tim yang lolos babak final.

Kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Short Paper Contest merupakan kegiatan tahunan atas program kerja departemen Pengembangan, Penalaran, dan Studi Ilmiah (PPSI) UKMF SCREEN 2012. LKTM musim ini mengambil tema “Gapai Mimpi Indonesia Jaya dengan Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal” sedangkan untuk SPC bertemakan “Pemanfaatan Cagar Budaya dan Seni Kota Yogyakarta”. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam menuliskan ide-ide kreatif yang dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Acara dimulai dengan pembukaan di Ruang Ki Hajar Dewantara, kemudian dilanjutkan dengan presentasi. Presentasi untuk LKTM sendiri dilaksanakan tetap di ruang Ki Hajar Dewantara dengan dua orang dewan juru yaitu Ibu Dyah Respati S.S,dari dosen Pendidikan Geografi dan Bapak Aman sebagai pembina UKMF SCREEN. Untuk SPC, presentasi dilaksanakan di ruang Cut Nyak Dien Selatan dengan dipersamai oleh dua orang dewan juri Saudara Sri Nuryanto (UKM Kristal FE) dan Saudari Khusnul Aini Azizah (Pendiri SCREEN).



Dari beberapa karya tulis yang dilombakan, peserta telah menuangkan ide-ide kreatif mereka dengan memaduka inovasi yang ada. Salah satu contohnya adalah peserta SPC yang mengungkapkan gagasannya berupa “Bakpao Wayang” yang terdengar menarik dan terdengar baru. Peserta dan panitia begitu antusias dalam kegiatan ini. Pada akhirnya akan diambil tiga juara dari masing-masing LKTM maupun SPC yang berhak mendapatkan hadiah dari panitia. Dengan kegiatan ini, semoga semangat meneliti dan menulis pada diri mahasiswa UNY semakin dapat diasah, terlebih kepada mahasiswa FIS 2012 yang mengikuti SDP Penelitian bisa mengembangkan karyanya untuk meraih prestasi lebih tinggi dan bisa bergabung di kepengurusan UKMF Penelitian SCREEN 2013. Salam Penelitian, berkarya untuk perubahan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar