Ged a Widget

Jumat, 02 November 2012

Gelora Semangat Mahasiswa Baru Peserta SDP Penelitian FIS 2012



 Tahun 2012 ini merupakan tahun yang istimewa bagi para mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah melalui rangkaian masa-masa OSPEK universitas maupun fakultas, para mahasiswa baru (Maba) disuguhkan dengan berbagai kegiatan yang ada di kampus pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan-kegiatan itu meliputi penerimaan anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa ataupun kegiatan lainnya.
Salah satu program sebagai fasilitator pengembang potensi mahasiswa adalah adanya Student Development Program atau yang biasa dikenal dengan istilah SDP. Pada tahun ini, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial kembali mewajibkan para Maba untuk memilih salah satu bidang SDP. Jenis SDP itu sendiri meliputi : SDP Penelitian (Research). SDP Kewirausahaan (enterpreneurship), SDP Kepemimpinan (leadership), dan SDP Kepenulisan (jurnalistik). Pada kesempatan kali ini, UKMF Penelitian SCREEN Fakultas Ilmu Sosial kembali dipercaya untuk memegang amanah dalam rangkaian SDP Penelitian.
Peserta SDP Penelitian FIS pada tahun ini sekitar 120 mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan di FIS. Rangkaian kegiatannya diawali dari Kapita Selekta yaitu kegiatan pertemuan pertama yang dilaksanakan pada OSPEK fakultas. Kegiatan dengan tema “Peras Kreativitasmu, Uangkan Idemu” ini mendapat sambutan yang meriah dari para peserta. Dengan penyampaian materi tentang penelitian, para Maba semakin terbuka bahwa penelitian itu mengasyikkan dan tidak terkesan hanya di laboratorium. Dengan kapita selekta ini semakin menambah gelora semangat Maba untuk mengikuti rangkaian SDP Penelitian 2012. 



Sebagai follow up atau tindak lanjut dari kapita selekta yaitu dengan diadakannya event terbesar penelitian UNY dalam Simposium Penelitian “Wonderfull of Research” pada tanggal 15 September 2012 bertempat di gedung KPLT FT UNY. Kegiatan ini merupakan persembahan dari Forum Berlima UNY yang merupakan kerja sama dari tujuh UKMF Penelitian fakultas dan UKM Penelitian. Pada kesempatan itu, UKMF Penelitian SCREEN berhasil mengirimkan sekitar 80an peserta SDP Penelitian dari total sekitar 400an peserta yang hadir. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta tentang makna, manfaat, dan segala hal tentang penelitian. Dalam kesempatan itu hadir dua pembicara, satu dari dosen FMIPA dan satu dari mahasiswa yaitu Yulia Linguistika. Dalam pemaparannya, kedua pembicara menuturkan berbagai manfaat dari meneliti, antara lain untuk meuangkan ide, memupuk kebiasaan menulis, meningkatkan prestasi, sampai untuk meraih gelar mahasiswa berprestasi. Antusiasme para peserta juga sangat terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Kegiatan yang diketuai Harun dari FIK/2010 ini membuka cakrawala baru agar mahasiswa mau mengembangkat potensi ilmiahnya melalui penelitian. Pentingnya penelitian adalah untuk memajukan Indonesia dari segi ilmu pengetahuan maupun teknologi, agar kita tidak tertinggalan dengan pesatnya perkembangan ilmu yang ada.
Dengan serangkaian kegiatan SDP Penelitian FIS yang diawali dengan kapita selekta kemudian dilanjutkan dengan Simposium Penelitian, maka sebagai kegiatan follow up kedua yaitu Diskusi Ilmiah SCREEN yang telah terlaksana pada tanggal 13 Oktober 2012 di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Tidak hanya itu, untuk bulan November ini akan dilaksanakan suatu Eksplorasi Ilmiah “JELSCREEN” pada tanggal 10 November 2012 sebagai ajang kreativitas Maba untuk mengeksplore lingkungan sekitar yang direncanakan di Gedung Agung Yogyakarta, Kampung Dipowinatan, Malioboro, dan Benteng Vredeburg dan dilanjutkan dengan Short Paper Contest pada tanggal 24 November 2012. Rangkaian lima kegiatan (kapita selekta, Simposium Penelitian, Diskusi Ilmiah, Jelscreen, dan SPC) merupakan alur yang harus dilalui peserta SDP Penelitian FIS 2012. Setiap peserta akan dinyatakan lulus setelah mendapat penilaian dari segenap panitia SDP Penelitian dan pengurus UKMF SCREEN. Semoga dengan program ini bisa meningkatkan prestasi penelitian mahasiswa FIS khususnya dan UNY pada umumnya. Salam Penelitian ! “Peras Kreativitasmu, Uangkan Idemu !”

Penulis :
Janu Muhammad
Pend.Geografi 2011
Ketua SDP Penelitian FIS 2012
janu.muhammad2@gmail.com/muhammadjanu.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar