Ged a Widget

Senin, 12 November 2012

EKSPLORASI ILMIAH SDP PENELITIAN 2012

             Tahun 2012 ini merupakan tahun yang istimewa bagi para mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah melalui rangkaian masa-masa OSPEK universitas maupun fakultas, para mahasiswa baru (Maba) disuguhkan dengan berbagai kegiatan yang ada di kampus pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan potensi mahasiswa adalah Student Development Program atau yang biasa dikenal dengan istilah SDP. Pada tahun ini, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) kembali mewajibkan para Maba untuk memilih salah satu bidang SDP. Jenis SDP itu sendiri meliputi : SDP Penelitian (Research). SDP Kewirausahaan (enterpreneurship), SDP Kepemimpinan (leadership), dan SDP Kepenulisan (jurnalistik). Pada kesempatan kali ini, UKMF Penelitian SCREEN Fakultas Ilmu Sosial kembali dipercaya untuk memegang amanah dalam rangkaian SDP Penelitian FIS 2012.
Beberapa kegiatan seperti Simposium Penelitian dan Diskusi Ilmiah telah terlaksana dan tibalah saatnya dilaksanakan Eksplorasi Ilmiah. Pada hari Sabtu, 10 November 2012 yang bertepatan dengan hari pahlawan, telah dilaksanakan rangkaian Eksplorasi Ilmiah “Jelscreen” atau Jelajah SCREEN. Kegiatan ini secara meriah diikuti oleh sekitar kurang lebih 100 peserta mahasiswa baru FIS UNY dan pengurus UKMF Penelitian SCREEN. Pada kesempatan kali ini, eksplorasi ilmiah dilaksanakan di Kampung Wisata Dipowinatan, Benteng Vredeburg, dan Kawasan Wisata Malioboro Kota Yogyakarta.
Perjalanan diawali dari Kampus UNY menuju Kampung Wisata Dipowinatan di Jalan Brigjend Katamso Yogyakarta. Keistimewaan tempat ini adalah suguhan wisata tradisional Jawa yang dipadukan dengan tatanan modern masa kini. Kampung Dipowinatan yang merupakan tujuan wisata internasional memberikan pilihan wisata. Kita bisa mengunjungi sentra pembuatan batik, pembuatan wayang kulit, pembuatan makanan khas Jogja seperti “peyek” maupun bakpao. Selain itu, wisata budaya seperti kesenian jathilan, upacara adat, bahkan beberapa bangunan bersejarah terdapat di kampung ini. Penduduknya yang ramah tamah dengan logat Jawa disertai kentalnya kerukunan antarwarga menambah lengkapnya eksplorasi di Dipowinatan ini.



Setelah singgah di Kampung Wisata Dipowinatan, perjalanan dilanjutkan menuju Benteng Vredeburg di kawasan titik nol kilometer Kota Yogyakarta. Benteng Vredeburg seperti yang dikenal orang pada masa sekarang ini merupakan sebuah bangunan peninggalan masa kolonial Belanda di Indonesia. Pembangunan benteng ini berjalan seiring dengan pembangunan istana Kesultanan Yogyakarta. Benteng Vredeburg memberikan berbagai informasi sejarah Kota Yogyakarta yang tertuang dalam berbagai diorama. Para pengunjung, termasuk para peserta Eksplorasi Ilmiah berkesempatan mengetahui informasi sejarah di Benteng Vredeburg. Selanjutnya, para peserta melakukan eksplorasi langsung di kawasan Malioboro yang sebelumnya telah terbagi ke dalam kelompok kecil.
Eksplorasi di kawasan Malioboro adalah sebagai bentuk pengamatan langsung terhadap berbagai fenomena yang mewarnai wisata Malioboro. Para peserta melakukan wawancara kepada para pedagang, turis, tukang becak, dan lain-lain untuk menggali ide-ide dalam pemecahan problematika di Malioboro. Sebagai salah satu contoh adalah tema PKL (Pedagang Kaki Lima). Sebagaimana kita tahu bahwa beberapa bulan yang lalau telah dilaksanakan relokasi PKL di kawasan nol kilometer, tentu ini merupakan suatu masalah yang harus diangkat menjadi sebuah karya tulis ilmiah. Begitu juga dengan tema lain seperti nasib tukang becak maupun kusir andong di Malioboro berhasil digali oleh para mahasiswa baru.



Ekplorasi ilmiah dengan tema “Eksplore Duniamu, Temukan Inspirasimu” ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berkarya mahasiswa baru melalui penelitian. Mahasiswa baru diberi bekal untuk mewujudkan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian. Dengan kegiatan Eksplorasi Ilmiah ini, kreativitas mahasiswa akan terlatih dan dapat dikembangkan. Eksplorasi Ilmiah Jelscreen 2012 ini juga sebagai ruang peserta SDP Penelitian untuk selalu berkarya positif dalam membangun prestasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Semangat penelitian, dari mahasiswa untuk Indonesia !


Penulis :
Janu Muhammad
Staff PPSI UKMF SCREEN FIS UNY

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar