Ged a Widget

Minggu, 14 Oktober 2012

DISKUSI ILMIAH DAN DISEMINASI KARYA UKMF SCREEN UNY

Sabtu, 13 Oktober 2012 suasana ruang Ki Hajar Dewantara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta tampak berbeda. Sekitar pukul 7.30 WIB ruangan tersebut telah diisi oleh para mahasiswa baru FIS UNY angkatan 2012. Pada kesempatan itu akan diadakan sebuah acara tingkat fakultas yaitu Diskusi Ilmiah dan Diseminasi Karya UKMF SCREEN. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama bidang PPSI Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas SCREEN dan Fakultas Ilmu Sosial UNY. Acara dengan tema “Tuangkan Idemu, Udarakan Karyamu” ini merupakan follow up dari kegiatan Simposium Penelitian UNY yang telah terlaksana bulan September 2012 kemarin. 

Kegiatan Diskusi Ilmiah dan Diseminasi Karya merupakan agenda wajib bagi peserta Student Development Program Penelitian FIS 2012 dan sekaligus apresiasi terhadap UKMF SCREEN sebagai wadah kegiatan penelitian mahasiswa yang telah menelurkan banyak karya. Diskusi ilmiah kali ini selain untuk menggali lebih dalam tentang makna penelitian, juga bertujuan untuk memberi semangat kepada mahasiswa baru agar tetap produktif ketika memasuki bangku kuliah. Acara yang diikuti oleh puluhan mahasiswa baru dari berbagai program studi ini menghadirkan seorang pembicara yaitu Mas Agung Purwandono dari redaktur SKH Kedaulatan Rakyat. Dalam paparan materinya, mas Agung mengajak kepada para peserta agar terus berkarya, baik melalui karya tulis ilmiah, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), esai, bahkan menjadi seorang jurnalis. Hal menarik dari penyampaian beliau adalah pengalaman ketika melakukan penelitian kualitatif dengan objek penelitian daerah Pasar Kembang. Tentu kita tahu bahwa daerah itu konon merupakan pusatnya para wanita malam dengan profesi PSK. Namun, hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari penelitian beliau. Artinya, dalam melakukan penelitian, seorang peneliti harus suka terlebih dahulu terhadap apa yang akan ia teliti.
Dengan penyampaian yang hangat dan diselipkan beberapa pengalaman pribadi menjadikan diskusi kali ini sangat menarik. Setelah diskusi selesai sekitar pikul 10.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan diseminasi karya. Pada kesempatan itu, ada tiga tim penelitian dari pengurus UKMF SCREEN yang mempresentasikan karyanya. Salah satu karya yang mendapat antusias terbanyak yaitu tentang Korean Wave (gelombang Korea) yaitu adanya budaya Korea yang telah menjangkiti para remaja Indonesia pada umumnya. Budaya Korea yang dibawa melalui lagu-lagu boyband ataupun girlband Korea ternyata dampaknya dirasakan oleh remaja di Indonesia, contohnya dalam gaya hidup, gaya berpakaian, jenis makanan, bahkan sampai tata cara penampilan. 

Acara diskusi ilmiah dan diseminasi karya selesai pada Pkl 11.45 WIB. Seluruh panitia berharap, dengan kegiatan ini akan semakin meningkatkan sikap kritis mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial terutama dalam bidang penelitian. Output dari kegiatan ini adalah lahirnya ide-ide cemerlang dari mahasiswa FIS yang nantinya akan dituangkan dan diudarakan dalam bentuk karya tulis ilmiah melalui media elektronik maupun cetak. Dengan demikian, produk dari SDP Penelitian FIS 2012 akan semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya.


Penulis :
Janu Muhammad
Staff PPSI UKMF SCREEN
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar