Ged a Widget

Kamis, 20 September 2012

Menjadi INDONESIA

Menurut rekan-rekan, apa dan bagaimana “menjadi Indonesia” itu?
Keterangan foto:
“Menjadi Indonesia”
Foto para siswa di SDK Adodo Molo, Molo Maru, Kab. Maluku Tenggara Barat, MalukuDiambil oleh: Bartolomeus Bagus Praba K. (Pengajar Muda SDK Adodo Molo, tahun 2011 – 2012)
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=509249119100802&set=a.154763741216010.30067.124834754208909&type=1&theater
MENJADI INDONESIA, sesuai judul tulisan ini berasal dari dua kata yaitu “menjadi” dan “Indonesia”. Secara langsung kita sudah tahu bahwa maksud kata-kata ini adalah bagaimana caranya untuk menjadi Indonesia ? Baik, menurut saya ini topik yang pas untuk kita menjadi Indonesia yang sesungguhnya.
Di sini saya sedikit akan mengulas betapa pentingnya mengaku Indonesia, mengaku menjadi bagian dari Indonesia. Sebagai seorang warga negara yang baik, kita pasti sudah tahu kalau Indonesia ini pada awalnya sangat sulit untuk mencapai kemerdekaan, betul ?
Nenek-kakek moyang kita bahkan banyak yang berguguran demi memperjuangkan kemerdekaa bagi bangsa ini. Siang malam mereka bertempur melawan kolonial Belanda maupun Jepang hanya untuk merdeka. Ya, merdeka dari penderitaan, dari kelaparan, dari kejamnya tanam paksa, dari jahatnya para koloni Belanda.
Hingga akhirnya kemerdekaan itu berhasil kita raih atas perjuangan bersama, atas perjuangan anak negeri ini. Setelah tahun 1945 pun perjuangan belum berakhir, masih banyak perlawanan di mana-mana. Sampai hal itu mencapai klimaks pada era presiden Soeharto, ketika masyarakat Indonesia menginginkan kemerdekaan kepemimpinan di Indonesia.
Lalu, apa sebenarnya arti dari “Menjadi Indonesia” menurut Anda ?
Saya di sini sedikit akan memberi pendapat tentang apa itu Indonesia yang sesungguhnya. Menjadi Indonesia menurut saya adalah dengan cara memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Mengapa demikian ? Marilah coba kita lihat kawan, negeri ini sangatlah luas.
Di balik bentangan negeri ini masih banyak saudara2 kita yang ternyata belum sempat dan mampu mengenyam pendidikan. Tidak harus jauh-jauh ke Irian Jaya sana, bahkan di Jogja pun pasti ada.
Lihatlah gambar di atas, betapa bahagianya anak2 Maluku yang ingin Menjadi Indonesia. Ya, menjadi Indonesia sesungguhnya dengan bersekolah. Mereka patut kita apresiasi semangatnya yang punya keinginan kuat untuk belajar dan belajar, meski keadaan sebenarnya jauh dari kata “kemajuan”.
Foto: "Indonesia bukan sandwich yang ada roti, daging, dan sayur ditumpuk-tumpuk, tetapi masih terlihat lapisan-lapisannya dan bisa diambil isinya satu per satu. </p><br /><br /> <p>Indonesia itu nasi goreng. Ketika semua bumbu sudah dicampur dengan nasi, dimasak, jadilah nasi goreng yang lezat dan bumbu-bumbunya tidak bisa diurai lagi. Begitu juga dengan bangsa kita. Bhinneka Tunggal Ika."</p><br /><br /> <p>~ Indonesia Bukanlah Sandwich Melainkan Nasi Goreng - http://bit.ly/NNdqXx</p><br /><br /> <p>oleh Sekar Ratnaningtyas, Pengajar Muda di Kabupaten Rote Ndao, NTT

“Indonesia bukan sandwich yang ada roti, daging, dan sayur ditumpuk-tumpuk, tetapi masih terlihat lapisan-lapisannya dan bisa diambil isinya satu per satu.Indonesia itu nasi goreng. Ketika semua bumbu sudah dicampur dengan nasi, dimasak, jadilah nasi goreng yang lezat dan bumbu-bumbunya tidak bisa diurai lagi. Begitu juga dengan bangsa kita. Bhinneka Tunggal Ika.”~ Indonesia Bukanlah Sandwich Melainkan Nasi Goreng – http://bit.ly/NNdqXxoleh Sekar Ratnaningtyas, Pengajar Muda di Kabupaten Rote Ndao, NTT


Lalu, dengan memajukan pendidikan lah bangsa ini akan lebih baik. Dengan pendidikan yang merata lah kita bisa menciptakan generasi-generasi emas untuk Indonesia masa depan. Dengan pendidikan juga, kita bisa memperbaiki kualitas putra-putri penerus bangsa ini.
Ingatkah Anda dengan tujuan negara kita untuk “Mencerdaskan kehidupan bangsa” dan “Memajukan kesejahteraan umum” ??? Tentu inilah cita-cita kita, memiliki generasi terbaik untuk negeri ini dan mengabdikan hasilnya nanti untuk Indonesia, bukan negeri lainnya.
Semoga dengan semangat yang masih muda ini saya juga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk mereka, untuk anak-anak di pelosok sana, insyaAllah…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar