Ged a Widget

Rabu, 25 Juli 2012

Kembangkan Minat Penelitian Mahasiswa, UNY Gelar Student Union Grant

Universitas Negeri Yogyakarta yang baru-baru ini menyabet predikat juara ke-5 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXV pada tahun 2012 ini terus berupaya melakukan inovasi penelitian untuk para mahasiswanya. Satu dari sekian program penelitian yang ditawarkan yaitu Student Union Grant (SUG). Tahun 2012 ini UNY kembali mengadakan SUG yang merupakan bentuk kompetisi penelitian khusus untuk mahasiswa. SUG ini berhak diikuti oleh mahasiswa S-1 Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan jumlah proposal yang diterima sebanyak 30 proposal.
Pelaksanaan SUG tahun 2012 ini telah berlangsung sejak bulan April sampai dengan bulan Juli. Hari Senin, 23 Juli 2012 merupakan seminar laporan akhir program penelitian SUG yang bertempat di lantai 3 Gedung Student Center UNY. Salah satu maha karya yang dipersembahkan yaitu sebuah peta kerentanan Sungai Code Kota Yogyakarta. Ini merupakan output penelitian tim dari Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNY dengan ketua tim Akhmad Ganang Hasib (angkatan 2010) dan beranggotakan Janu Muhammad, Lulut Al Huda, dan Wisnu Putra Danarto yang ketiganya merupakan angkatan 2011 serta Bapak Bambang Saeful Hadi, M.Si sebagai dosen pembimbing. Penelitian dengan judul “Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Estimasi Tingkat Kerentanan Banjir di Sekitar Sungai Code Kota Yogyakarta” ini berangkat dari adanya masalah banjir di sekitar Sungai Code setiap tahunnya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat kerentanan dan distribusi daerah rawan banjir Sungai Code dengan luaran berupa sajian peta digital yang bisa menjadi media informasi banjir bagi warga maupun instansi pemerintah setempat.
Penelitian tentang kerentanan banjir di sekitar Sungai Code tersebut merupakan satu dari 30 proposal yang didanai oleh UNY. Sebagian besar penelitian SUG tahun ini adalah pada bidang teknologi dan rekayasa, meski juga terdapat bidang yang lain. Dengan program yang telah terlaksana selama empat bulan ini, para finalis SUG telah melaksanakan seminar laporan akhir dan mendapatkan workshop pelatihan pembuatan artikel ilmiah yang terlaksana pada hari Selasa 24 Juli 2012 di tempat yang sama. Workshop ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para finalis dalam menyusun artikel ilmiah sebagai muara dari program SUG yang nantinya bisa diikutsertakan dalam PKM-AI.
Dengan terlaksananya program Student Union Grant tahun 2012 ini, telah memberikan cermin bahwa Universitas Negeri Yogyakarta sangat mendukung pengembangan minat mahasiswa dalam bidang penelitian melalui program hibah penelitian yang ada. Hal ini merupakan upaya UNY dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang penelitian dan pengembangan mahasiswa. Selain itu, ini merupakan upaya UNY dalam menghasilkan insan cerdas serta cendekia untuk Indonesia melalui pengembangan di bidang penelitian.  Semoga program SUG ini dapat terlaksana kembali pada tahun 2013 dan seterusnya dengan karya-karya penelitian yang lebih baik dan lebih berkualitas. Salam Penelitian

Penulis :
Janu Muhammad
Mahasiswa Pendidikan Geografi 2011
Universitas Negeri Yogyakarta
081804031116

Tidak ada komentar:

Posting Komentar