Ged a Widget

Minggu, 27 Mei 2012

Mewujudkan Sungai Code yang Bersih Adalah Tanggung Jawab Kita




Hari Minggu tanggal 27 Mei 2012 ini ada yang berbeda dengan aktivitas warga Kota Yogyakarta di sepanjang sungai Code. Bukan untuk memperingati enam tahun peristiwa gempa bumi Jogja, namun untuk membersihkan sampah di sepanjang sungai Code. Kesibukan ini mulai terlihat di tengah perkampungan Code Jetisharjo. Pada pukul 07.00 para warga berduyun-duyun ke tepi sungai Code yang melintasi desa mereka. Kegiatan yang dilakukan mulai memungut sampah yang ada di sungai, merapikan tatanan sungai, membersihkan rumput liar di sekitar sungai, bahkan mengangkat material pasir yang mengendap di sungai.

Secara umum kegiatan ini adalah wujud aksi nyata masyarakat yang peduli dengan kebersihan sungai Code. Tujuannya tidak lain agar sungai Code yang membelah Kota Yogyakarta terlihat bersih dan terawat. Selain itu, ini juga sebagai bukti nyata untuk menghilangkan pandangan masyarakat yang menganggap di sekitar sungai Code adalah kumuh. Kegiatan ini serentak dilaksanakan oleh para warga, pemuda, bahkan beberapa mahasiswa dari UGM dan UNY yang secara sukarela turun sebagai relawan Code.

Kegiatan yang dimulai dengan memungut sampah yang mengendap di dasar sungai maupun tersangkut di bongkahan batu sungai kemudian terlaksana sampai sekitar Pkl 11.00 . Sampah dan beberapa limbah yang berhasil dikumpulkan tersebut kemudian diangkut oleh mobil kebersihan yang kemudian akan dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah. Para warga dan relawan bersih Code kali ini berharap agar kegiatan bulanan ini bisa terlaksana secara rutin. Tujuannya tidak lain agar program ini bisa menjadi tanggung jawab kita bersama. Setidaknya dengan program kerja bakti bersih sungai Code di Jetisharjo ini bisa membantu pemerintah setempat untuk mengatasi permasalahan dan penanggulangan banjir sungai Code di Kota Yogyakarta. Dengan demikian, dukungan dan wujud kepedulian masyarakat untuk mewujudkan kebersihan sungai Code akan meningkat. Semoga kegiatan ini akan terlaksana pada waktu yang akan datang.


Penulis :
Janu Muhammad
Mahasiswa Pendidikan Geografi 2011
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Yogyakarta
janu.muhammad2@gmail.com/083840736186

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar